Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

BNPB Akan Lakukan Peninjauan Ke Gunung Merapi

TVRI Sumatera Barat • Kota Padang09 Juni 2017 - 06:13 WIB

BNPB Akan Lakukan Peninjauan Ke Gunung Merapi

Reporter : SHERLY / NURUL QALBI • Editor : Redaksi Berita

 

Sejak mulai aktif kembali pada 4 juni lalu, pos pengamanan gunung api terus melakukan pemantauan Gunung Merapi setiap waktunya. Meski belum terlihat tanda bahaya, badan nasional penanggulangan bencana turun kelapangan untuk menanggapi laporan dan memantau kondisi terakhir untuk kawasan terdampak aktifitas Gunung Merapi.

Kondisi merapi yang terus melakukan aktiftas sejak 4 juni lalu membuat pos pengamatan aktivitas gunung api terus melakukan pemantauan. Dari pagi hingga siang tadi terpantau aktifitas gunung api berada dilevel II dengan status waspada. Dari segi kegempaan telah terjadi 1 kali letusan dengan amplitudo 1,5 milimeter dengan durasi 17 detik.

Pada kondisi seperti ini gunung api terlihat jelas hingga kabut, dengan asap kawah berwarna putih bertekanan lemah – dengan intensitas ketebalan dan tinggi 50 hinga 75 meter diatas kawah puncak. Dari pantauan yang dilakukan sejak beberapa hari terakhir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat memantau aktifitas Gunung Merapi masih dalam kondisi aman.

Meski demikian tim dari badan nasional penanggulangan bencana tetap mengunjungi lokasi untuk melakukan pemantauan dan melihat kondisi terakhir dikawasan yang terdampak seperti daerah Situmbuah, Kampuang Indah, serta kawasan di area sebelah timur Gunung Merapi. Berbeda dengan kondisi cuaca, aktiftas gunung api ini tidak bisa diprediksi sehingga dibutuhkan pemantauan setiap waktunya. Sementara itu masyarakat disekitar Gunung Merapi dan pengunjung ataupun wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Merapi pada radius 3 km dari kawah / puncak.

Info Covid-19

 

Sosial Media

Instagram

Youtube

Facebook

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat