Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

Aktifitas Gunung Merapi Pengaruhi Gunung Api Lain

TVRI Sumatera Barat • Kota Padang09 Juni 2017 - 06:08 WIB

Aktifitas Gunung Merapi Pengaruhi Gunung Api Lain

Reporter : SHERLY / NURUL QALBI • Editor : Redaksi Berita

 

Aktiftias Gunung Merapi yang mulai meningkat diduga akan berpengaruh kepada gunung api yang berada didekat Gunung Merapi, seperti Gunung Tandikek. Sementara  Gunung Talang masih akan berstatus b atau tidur karna dapur magma yang berjauhan dari Gunung Merapi. Aktifitas Gunung Merapi yang mulai meningkat, menyebabkan terjadinya sejumlah tremor serta gempa vulkanik yang menyebakan erupsi sekitar 100 meter dari kawah Gunung Merapi.

Hal ini menyebabkan terjadi peningkatan status dari normal ke level waspada, meningkatnya aktifitas Gunung Merapi ini dinilai pakar gempa Sumatera Barat, Badrul Mustafa masih di level normal karna Gunung Merapi merupakan gunung api aktif, sama halnya dengan Gunung Tandikek. Meski demikian dari pemantauan yang dilakukan aktifitas Gunung Merapi ini masih belum sampai ke level bahaya.

Sementara untuk aktifitas kegempaan, gempa vulkanik yang terjadi masih berada di bawah 4 skala richter, hal ini hanya sebagai isyarat bahwa gunung api melakukan aktifitas. Meningkatnya aktifitas gunung api ini diduga akan berpengaruh dengan aktifitas gunung api yang berada di sekitarnya se[perti Gunung Tandikek. Hal ini karna dapur magma Gunung Merapi dan Tandikek berdekatan. Hingga saat ini aktiftas masyarakat disekitar kawasan Gunung Merapi masih terpantau normal, abu yang dikeluarkan gunung api pun belum mengganggu aktifitas masyarakat dikawasan ini.

Sosial Media

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat