Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Pemko Padang Siapkan 2 Ha Untuk Tambak Udang

TVRI Sumatera BaratKelautan dan Perikanan 12 Mei 2017 JAM 06:16:43 WIB

Dalam upaya mengembangkan budidaya di sektor perikanan, saat ini Pemerintah Kota Padang mendorong pelaksanaan budidaya Udang Vaname. Selain itu Pemko  juga akan memfasilitasi  pengadaan dua hektar tambak Udang Vaname. Dalam beberapa waktu lalu budidaya Udang Vaname telah sukses diujicobakan dalam sebuah tambak dengan luas 500 meter persegi yang mana kegiatan ini sudah dijalankan oleh petani udang yang berada di Desa Pasia Nan Tigo, Kec Koto Tangah.

Uji coba budidaya udang ini sudah dimulai sejak Januari dan panen perdana pada bulan April lalu sebanyak 3 ton, dari hasil uji coba tersebut, pemerintah melihat peluang potensi pengembangan Udang Vaname yang sangat tinggi sehingga untuk meningkatkan hasil produksi udang, dalam waktu dekat akan ditambah lagi tambak Udang Vaname seluas 2 hektar disekitar kawasan Pasia Nan Tigo. Dalam pasaran saat ini, angka jual Udang Vaname sekitar Rp 90.000 sampai Rp 100.000 per kilogram. Potensi ini dinilai menggiurkan, apalagi masa panen jenis udang dengan nama latin Litopeneaus Vannamae ini juga tidak lama, hanya sekitar 100 hari.

Budidaya udang ini salah satu upaya yang ditempuh dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, karena peluang pasar ekspor yang tinggi, cepat tumbuh dan tahan terhadap penyakit serta cocok dibudidayakan dalam kawasan berawa. Kehadiran varietas udang putih atau Vaname tidak hanya menambah pilihan bagi Petani tambak tetapi juga dapat menopang kebangkitan usaha udang di Kota Padang.  Lahan yang digunakan merupakan tambak tradisonal yang diperbaiki ke arah intensif dengan perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana pendukung seperti penambahan kincir air sebagai penambah suplai oksigen, perbaikan tambak sebelum dilakukan penebaran benih udang.

 

Wartawan : DELIMA FEBRIA/ AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat