Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Evaluasi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2017

TVRI Sumatera BaratPolitik 09 Mei 2017 JAM 06:25:14 WIB

Bawaslu terus melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Pilkada serentak 2017. Salah satunya terus mengefektifkan pengawasan pelaksanaan pemilihan serentak di Sumbar, terutama untuk pelaksanaan pemilihan daerah  pada 2018 mendatang. Komisi pemilihan umum (KPU) dan Bawaslu melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Pilkada serentak 2017 di 2 daerah di Sumbar. sebagai penyelenggara, KPU-Bawaslu memiliki catatan tersendiri atas Pilkada serentak gelombang kedua ini.

 

Untuk menampung masukan dan kritikan pelaksanaan Pilkada serentak yang dilaksanakan di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Kepulauan Mentawai beberapa waktu lalu, Bawaslu Sumbar mengadakan kegiatan Focus Grup Discussion Sosialisasi hasil pengawasan pemilihan kepala daerah dengan media massa pada pemilihan serentak 2017. Evaluasi efektivitas pengawasan ini penting, karena pada pemilihan serentak 2017 di Sumbar kemarin, masih ditemukan sejumlah aktivitas yang diduga bisa masuk kategori pelanggaran pada tahapan yang telah dijadwalkan. Diantaranya adanya aktivitas pembagian sembako maupun pembagian zakat beras pada masa tenang.

 

Sementara itu di Kota Payakumbuh, dari 210 TPS terdapat sebanyak 69 tps yang rawan, sedangkan untuk kabupaten mentawai dari total 228 TPS, 180 TPS diantaranya tercatat rawan. Untuk mengantisipasi indeks kerawanan pemilu ini kedepannya, bawaslu akan terus melakukan pemetaan TPS rawan. Disamping itu, untuk Sumbar, ada empat daerah yang akan mengagendakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di 2018 nanti, yakni Sawahlunto, Padang Panjang, Pariaman dan  Kota Padang.

Wartawan : DELIMA FEBRIA/AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat