Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pelaksanaan UNBK Hari Terakhir Berjalan Aman

Kontributor DaerahPendidikan 09 Mei 2017 JAM 06:04:24 WIB

Meski sempat mengalami sedikit gangguan server pada hari pertama, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo berjalan lancar. Sebanyak dua ratus dua puluh peserta yang terbagi dalam tiga shif tampak semangat menjalankan UNBK tahun perdana di sekolah tersebut. Hingga hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di Pasaman Barat berjalan lancar dan aman, salah satunya terlihat di SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo, sekolah tersebut merupakan satu dari empat sekolah tingkat SMP yang menjadi penyelenggara UNBK.

 

Hingga shif pertama hari keempat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di sekolah tersebut, tampak lancar dan tidak menghadapi kendala yang berarti. Sebanyak dua ratus dua puluh peserta yang terbagi dalam tiga shif dan dua ruangan kelas tampak serius menjawab soal mata pelajaran IPA. Padahal pada hari pertama, di sekolah tersebut sempat terjadi sedikit keselahan teknis dan gangguan server, namun bisa diatasi oleh teknisi dan proktor selang beberapa menit kemudian, sehingga tidak menganggu pelaksanaan ujian. Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo Arif, meski sekolah tersebut melaksanakan UNBK tahun perdana, namun selama empat hari pelaksanaan ujian berjalan lancar. Para siswa tidak mengeluhkan teknik pelaksanaan UNBK yang menggunakan komputer, hanya sebagian siswa yang mengaku agak kesulitan saat menjawab soal ujian dengan mata pelajaran matematika.

 

Pihak sekolah mengaku, berbagai persiapan selama ini seperti simulasi dan pematangan materi dinilai sangat membantu pelaksanaan ujian. Bahkan pada UN tahun ini SMP N 1 Luhak Nan Duo menargetkan kelulusan saratus persen. Hal tersebut diyakani setelah melihat beberapa hari pelaksanaan ujian yang berlangsung. Kedepan pihak sekolah berharap, pada pelaksanaan UNBK tahun 2018 mendatang, pemerintah bisa memberikan bantuan komputer. pasalnya saat ini selaku penyelenggara UNBK, SMP 1 Luhak Nan Duo masih meminjam empat puluh unit komputer sekolah tetangga. Dengan adanya penambahan unit komputer kedepan, diharapkan mampu mempermudah pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut.

Wartawan : ANDIKA/ ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat