LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Rabu, 30 September 2020

Rangkaian acara pada hari Rabu, 30 September 2020 belum dipublikasikan...

 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang03 April 2017 - 06:55 WIB
Permasalahan Di Freeport Pengaruhi Harga Emas
Permasalahan Di Freeport Pengaruhi Harga Emas

Reporter : NOVIKA / ATFRIANDI • Editor : Administrator

A+AAA-
 

Permasalahan izin ekspor PT. Freeport  yang berakhir pada Januari tahun 2017 ini berdampak terhadap naiknya harga emas. Harga emas kini 1 juta 350 ribu rupiah per emas, naik sejak dua minggu lalu dan diperkirakan akan terus meningkat hingga lebaran nanti. Harga emas sejak dua minggu mengalami kenaikan dari 1 juta 280 ribu rupiah kini menjadi 1 juta 350 ribu rupiah per emas dengan kadar 24 karat.

Menurut pedagang kenaikan harga emas ini ditenggarai gejala politik yang terjadi di tingkat Pemerintah Pusat saat ini serta permasalahan di PT. Freeport Indonesia. Dimana PT Freeport Indonesia tidak bisa melakukan ekspor mineral olahan atau konsentrat sejak 12 Januari 2017 karena belum menyepakati perubahan kontrak karya menjadi izin usaha pertambangan khusus.

Saat ini perusahaan tambang asal‎ AS tersebut telah mengurangi kegiatan produksi  karena bijih yang dihasilkan tidak bisa diolah dan diekspor guna efisiensi agar kondisi keuangan tetap normal. Meski permasalahan yang terjadi bukan pada penggalian tambang emas tetapi hal ini mulai berdampak terhadap harga emas di dunia. Kenaikan ini diperkirakan pedagang akan terus terjadi hingga lebaran nanti. Meski harga emas mengalami kenaikan tetapi tidak bepengaruh terhadap daya beli masyarakat.

Hingga kini perbandingan jual dan beli emas masih berkisar berbanding 50 persen. Namun diperkirakan dalam waktu dekat daya jual emas akan meningkat karena berdekatan dengan tahun ajaran baru.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa