Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Aktivitas Pengolahan Tambang Diduga Memicu Longsor

Kontributor DaerahBencana Alam 06 Maret 2017 JAM 06:15:08 WIB

Sejumlah warga yang tinggal di Kecamatan Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota mengaku khawatir akan terjadinya banjir dan longsor susulan. Saat ini sebagian warga lebih memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Peristiwa banjir dan longsor yang melanda Kab. Lima Puluh Kota dan Payakumbuh, bukanlah kejadian tiba-tiba. Peristiwa tersebut sudah sering terjadi setiap tahunnya. Terlebih ketika intesitas hujan tinggi, maka longsor maupun banjir sering terjadi di daerah tersebut. Kondisi tersebut mengakibatkan sejumlah warga yang tinggal di daerah perbukitan jalur Sumbar Riau mengaku khawatir.

Warga mengaku cemas akan terjadinya banjir dan longsor susulan. Menurut warga, jika curah hujan tinggi longsor sulit dihinadari. Sebab disejumlah perbukitan telah digarap perusahaan untuk pengolahan batu. Faktor penyebab longsor lainnya menurut warga yakni dikarenakan kondisi perbukitan yang tidak lagi berkualitas. Sebab aksi penebangan liar yang terjadi semakin banyak dari hari ke hari.

Adanya dugaan longsor disebabkan oleh penambangan bebatuan oleh sejumlah perusahaan, dibenarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota. menurut  Wakil Bupati setempat ,salah satu fakta hutan tergerus, adanya pengolahan batu yang menggunakan peledak, sehingga struktur tanah menjadi rawan longsor.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat