Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Jum'at, 14 Desember 2018

14 : 00SEKILAS SUMBAR
14 : 05NADA ISLAMI
14 : 30PESONA SUMBAR
15 : 00DENDANG 15
16 : 00BERITA RANAH MINANG
17 : 00NUANSA IMAN
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,2SR
12-Dec-18 00:20:12 WIB
Kedalaman 21 Km
109 Km Northwest Kep-mentawai-sumbar
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Limapuluh Kota06 Maret 2017 - 06:15 WIB
Aktivitas Pengolahan Tambang Diduga Memicu Longsor
Aktivitas Pengolahan Tambang Diduga  Memicu Longsor

Reporter : EDWARD • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Sejumlah warga yang tinggal di Kecamatan Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota mengaku khawatir akan terjadinya banjir dan longsor susulan. Saat ini sebagian warga lebih memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Peristiwa banjir dan longsor yang melanda Kab. Lima Puluh Kota dan Payakumbuh, bukanlah kejadian tiba-tiba. Peristiwa tersebut sudah sering terjadi setiap tahunnya. Terlebih ketika intesitas hujan tinggi, maka longsor maupun banjir sering terjadi di daerah tersebut. Kondisi tersebut mengakibatkan sejumlah warga yang tinggal di daerah perbukitan jalur Sumbar Riau mengaku khawatir.

Warga mengaku cemas akan terjadinya banjir dan longsor susulan. Menurut warga, jika curah hujan tinggi longsor sulit dihinadari. Sebab disejumlah perbukitan telah digarap perusahaan untuk pengolahan batu. Faktor penyebab longsor lainnya menurut warga yakni dikarenakan kondisi perbukitan yang tidak lagi berkualitas. Sebab aksi penebangan liar yang terjadi semakin banyak dari hari ke hari.

Adanya dugaan longsor disebabkan oleh penambangan bebatuan oleh sejumlah perusahaan, dibenarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota. menurut  Wakil Bupati setempat ,salah satu fakta hutan tergerus, adanya pengolahan batu yang menggunakan peledak, sehingga struktur tanah menjadi rawan longsor.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat