Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Selasa, 16 Oktober 2018

14 : 00SUMBAR SEKILAS
14 : 02GAMAD ORCHESTRA
15 : 00DENDANG 15
16 : 00BERITA RANAH MINANG
17 : 00DIALOG KHUSUS
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,4SR
15-Oct-18 23:26:49 WIB
Kedalaman 25 Km
74 Km Southwest Kab-acehbarat
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Solok06 Maret 2017 - 06:12 WIB
Arsitektur Masjid Raya Tanjung Bingkung
Arsitektur Masjid Raya Tanjung Bingkung

Reporter : ARIE PRATAMA SETIAWAN • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Mesjid Raya Tanjung Bingkung yang telah berdiri sejak tahun 1928 ini ,saat ini telah selesai  direnovasi. Meski mengalami renovasi,  arsitektur lama masjid masih tetap mempertahankan gaya mesjid di Turki dan Arab Saudi yang kaya akan relief dan ornamen.

Mesjid Raya Tanjung Bingkung Kabupaten Solok ini adalah salah satu mesjid di Solok yang ternama karena arsitekturnya yang antik dan bernilai sejarah. Mesjid ini didirikan pada tahun 1928 dan selesai pada tahun 1932, pada awalnya bangunan masjid ini masih bersifat semi permanen namun saat ini  sudah di renovasi.

Mesjid Tanjung Bingkung yang berdiri diatas tanah wakaf ini direnovasi secara keseluruhan mengingat bangunan masjid yang telah mulai  lapuk dimakan usia. Bangunan Mesjid Tanjung Bingkung ini memiliki arsitektur yang cukup unik karena mengacu pada arsitektur Turki dan Arab yang kaya akan relief dan ornamen. Arsitektur bangunan mesjid raya tanjung bingkung ini dibuat oleh syech machdoem sekembali beliau dari menuntut ilmu selama 10 tahun  di wilayah mesir dan arab saudi, ,

Sementara itu diketahui pendiri Mesjid Syech Machdoem lebih dikenal dengan nama Angku Junguik, anak dari Angku Kapalo Inyiek Datuak Rajo Alam yang pada waktu itu menjadi Kepala Nagari Tanjung Bingkung. diharapkan dengan renovasi masjid tua ini, keberadaan fungsi masjid bisa lebih kuat di masyarakat.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat