Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Rabu, 20 Juni 2018

Rangkaian acara pada hari Rabu, 20 Juni 2018 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,2SR
18-Jun-18 19:11:18 WIB
Kedalaman 10 Km
222 Km Southeast Bovendigoel-papua
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kota Solok06 Maret 2017 - 06:07 WIB
Sulitnya Pemasaran Batik Solok
Sulitnya Pemasaran Batik Solok

Reporter : ARIE PRATAMA SETIAWAN • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

 

Saudara, sejumlah pengrajin batik Kota Solok mengeluhkan sulitnya  pemasaran batik khas Kota Bareh Solok. Pemasaran batik Kota Solok baru saat ini baru sebatas untuk wilayah lokal Sumatera Barat. Selain dikenal sebagai kota beras di Sumatera Barat, Kota Solok ternyata menyimpan kekayaan budaya khas Indoensia. Salah satunya yakni keberadaan batik khas Kota Solok.

Batik khas Kota Solok ini bahkan memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi identitas batik dari Kota Bareh Solok. Namun sayang ditengah geliat industri batik di Indonesia, pengrajin batik Solok ternyata masih harus berjuang keras dalam memasarkan produk mereka. Seperti yang dialami kelompok pengrajin batik cap, yakni batiak rumah gadang yang beralamat di Laing Tembok.

Kelompok batik yang telah berdiri sejak satu tahun lalu ini masih memproduksi batik  secara sederhana. Produksi batik yang terbatas dan minimnya sarana pemasaran membuat produk batik lokal Kota Solok masih kalah bersaing dibandingkan batik daerah lain.

Batik khas solok biasanya menggunakan motif khas minangkabau dan berbagai corak dan motif pinggir khas Kota Solok. Beberapa jenis  motif batik cap yang digunakan saat ini diantaranya motif tungku sajarangan, kemudian motif ruah gadang gajah maharam, motif padi sagama dan motif burung belibis. Harga satu helai kain batik bervariasi antara 150 hingga 200 ribu rupiah  tergantung jenis batik serta warna yang digunakan.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat