Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Sawahlunto

Menikmati Akhir Pekan Dengan Angkot Wisata

Kontributor DaerahPariwisata 27 Februari 2017 JAM 06:10:04 WIB

Menghabiskan akhir pekan di Kota Sawahlunto, saat ini wisatawan bisa mencoba berkeliling kota  menggunakan moda transportasi angkot wisata. Angkot wisata ini diproyeksikan untuk menjajal destinasi wisata di Kota Sawahlunto seperti Lubang Mbah Suro, Museum Gudang Ransoem, Kawasan Kandi, Kawasan Silo serta sejumlah kawasan wisata lainnya.

Jika Kota Padang memiliki angkot gaul dengan modifikasi keren, body ceper dan musik berdentum untuk menggaet penumpang dan wisatawan, Kota Sawahlunto juga mempunyai angkot wisata untuk mempromosikan wisata sawahlunto sembari menjadi moda transportasi pengunjung. Angkot wisata ini dasarnya adalah angkot biasa yang bodinya dipasangi stiker promosi wisata kota. Modifikasi ini dinilai dapat mempercantik tampilan angkot yang selama ini terkesan tidak terurus karena minimnya pendapatan pengusaha angkot. Selain sebagai promosi wisata, angkot wisata ini diharapkan dapat meningkatkan kembali taraf ekonomi pengusaha angkot yang mulai tergerus karena menjamurnya moda transportasi ojek. Angkot wisata ini dapat melayani trayek resmi seperti Sawahlunto – Talawi dan Sawahlunto – Muaro Kalaban.

Namun juga bisa disewakan bagi pengunjung untuk menjajal destinasi wisata di Kota Sawahlunto seperti Lubang Mbah Suro, Museum Gudang Ransoem,Kawasan Kandi, Kawasan silo serta sejumlah kawasan wisata lainnya. Salah seorang supir angkot, Dalimi menjelaskan, belum ada patokan harga yang ditetapkan oleh pengusaha atau pun pemerintah, namun ia mengaku bisa bernegosiasi dengan pengunjung soal biaya perjalanan.

Dalimi juga menambahkan, biaya untuk merubah tampilan angkot mencapai 3,5 juta rupiah dimana 1.500.000 nya dibantu oleh pemerintah. Sementara pemerintah berencana akan memodifikasi semua angkot yang ada di Sawahlunto. Pemerintah melalui OPD terkait meminta para pengusaha angkot melapor agar segera diberi bantuan.

Wartawan : INSAN KAMIL DAKOGA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat