Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Jum'at, 15 Desember 2017

15.02SUMBAR SEKILAS
15.05DIALOG KHUSUS
16.00BERITA RANAH MINANG
17.00NUANSA IMAN
18.00FORUM TUAH SAKATO
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,2SR
12-Dec-17 09:23:10 WIB
Kedalaman 113 Km
37 Km Southeast Kota-sukabumi-jabar
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kota Payakumbuh27 Februari 2017 - 06:49 WIB
Saksi Paslon Tolak Hasil Rekap Pilkada
Saksi Paslon Tolak Hasil Rekap Pilkada

Reporter : EDWARD • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan pasangan calon walikota-wakil walikota payakumbuh terpilih hasil pilkada   pada 15 februari lalu,  saksi pasangan calon nomor urut 3,Suwandel Mukhtar-Fitrial Bahri,menolak hasil tersebut.

Secara resmi, KPU Payakumbuh telah mengumumkan pasangan calon walikota-wakil walikota payakumbuh,Riza Falepi-Erwin Yunaz sebagai,calon walikota-wakil walikota terpilih. Pengumuman tersebut dilakukan setelah Kpu menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota di Gor M. Yamin. Dari hasil perolehan suara,pasangan Riza Falepi-Erwin Yunaz yang merupakan pasangan nomor urut 2,berhasil mengunguli perolehan suara cukup jauh dibandingkan dua pasangan lainnya. Dari total 57.178   suara yang sah,pasangan Riza dan Erwin meraih 24.946 suara atau 43,62 persen,   sedangkan pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi mendapatkan 11. 058  suara atau 19,33 persen dan pasangan Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri memperoleh  21.174  suara dengan persentase 37 ,03 persen.

Meski hanya unggul di dua kecamatan dari lima kecamatan,  perolehan suara Riza-Erwin cukup jauh berbeda dengan saingan terdekatnya,Suwandel-Fitrial Bahri. Saat rapat pleno digelar,saksi paslon Suwandel-Fitrial mengaku tidak menerima hasil pilkada yang dinilai banyak dugaan kecurangan itu. Menurut saksi nomor urut tiga itu,terdapat beberapa dugaan pelanggaran yang terjadi saat pemilihan dan masa tenang. Pelanggaran tersebut didapat dari saksi yang ada di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS),relawan dan pengurus partai pendukung. Selanjutnya juga ada praktek politik uang,bagi-bagi beras dan pakaian, di mana permasalahan tersebut sudah dilaporkan ke Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) setempat.

Sebelumnya,Pilkada Payakumbuh diikuti oleh tiga pasangan calon,yaitu Wendra Yunaldi-Ennaidi (jalur perseorangan),Riza Falepi-Erwin Yunaz serta Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri (dari jalur partai politik). Sementara, terkait sejumlah laporan yang diserahkan oleh tim paslon nomor urut tiga, Panwaslih setempat telah melahirkan sejumlah rekomendasi. diantarannya adanya dugaan pidana Pilkada,yakni bagi-bagi beras di masa tenang.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat