LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Selasa, 29 September 2020

08 : 05PAGI KITA
09 : 00ANAK INDONESIA
09 : 30SALINGKA TANI
10 : 00SUMATERA BARAT HARI INI
11 : 00AYO HIDUP SEHAT
12 : 00MINANG MAIMBAU
12 : 30KULINER
13 : 00SENANDUNG MINANG
13 : 30SUMBAR MEMBANGUN
14 : 00CARITO LAPAU
15 : 00PADULI BASAMO
16 : 05SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00SUARA PUBLIK
18 : 00NADA ISLAMI
18 : 30JEJAK ISLAMI
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kota Padang27 Februari 2017 - 06:37 WIB
DBD Penyakit Sepanjang Tahun
DBD Penyakit Sepanjang Tahun

Reporter : MAQRI NELVI L/ JONI BAKRI • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Penyakit Demam Berdarah (DBD) tidak saja mengancam masyarakat di musim hujan tapi juga musim kemarau. Pasalnya  perubahan cuaca  tidak membuat perkembangan Nyamuk Aides Aigepti  terpengaruh, akibat nyamuk yang sudah bermutasi.

DBD saat ini  sudah menjadi endemis sepanjang tahun, atau  tidak lagi tergantung  musim hujan atau musim kemarau. Cuaca yang tidak menentu disebut  juga menjadi  penyebab DBD masih terus terjadi. Cuaca saat ini sering   menimbulkan genangan air di berbagai tempat, seperti  jalan, got atau selokan. Banyaknya genangan  berimbas pada semakin banyaknya tempat nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday  mengatakan program dan tindakan pencegahan demam berdarah sudah  sering kali disosialisasikan. Tindak lanjut yang diharapkan adalah kedisiplinan  masyarakat guna membuat program tersebut menjadi  efektif. PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) harus dilakukan, tidak berharap pada fogging masal yang dinilai kurang efektif.

Terkait data kasus DBD saat ini, kadis kesehatan menegaskan  masih ditangani Kabupaten Kota. Mengingat Nyamuk Aiges Aigepty hanya mampu terbang sekitar 200 meter, masyarakat harus memastikan kebersihan lingkungan tempat tinggalnya jauh dari genangan air  yang menjadi sarang nyamuk. Meski tren  DBD cenderung  normal saat ini,  langkah pencegahan dengan berprilaku  hidup sehat  mencegah penyakit lebih baik di terapkan.

Sebab mengobati penyakit   akan lebih sulit dan beresiko  tinggi pada kematian, apalagi hampir seluruh wilayah  Sumatera Barat  endemis demam berdarah.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa