Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Jum'at, 24 November 2017

Rangkaian acara pada hari Jum'at, 24 November 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,5SR
22-Nov-17 08:11:23 WIB
Kedalaman 77 Km
45 Km Southeast Bolaangmongondowtmr-sulut
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Pasaman Barat09 Februari 2017 - 06:22 WIB
Pembuangan Limbah PT. AWL Diduga Mencemari Sungai
Pembuangan  Limbah PT. AWL Diduga Mencemari  Sungai

Reporter : ANDIKA/ ANDIKA • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Saat melakukan pemantauan di pabrik pengolah kelapa sawit Agro Wira Ligatsa, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat menemukan lokasi pembuangan limbah pabrik secara langsung dari kolam ke lahan masyarakat. Akibat pembuangan limbah yang tidak sesuai prosedur tersebut, diduga PT. AWL telah mencemari lingkungan dan merusak lahan masyarakat.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat menemukan sejumlah pelanggaran di bidang lingkungan di pabrik pengolahan kelapa sawit di PT Agro Wira Ligatsa di kawasan Kampung Alang Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Akibat dari aktivitas di pabrik pengolahan kelapa sawit PT Agro Wira Ligatsa, petugas menemukan  pipa pembuangan limbah secara langsung masuk ke lahan masyarakat dari kolam limbah, atau yang dikenal by pass.

Temuan tersebut seiring dengan adanya laporan dan kecuriagaan masyarakat tentang hal tersebut. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat Edi Busti mengatakan, pelanggaran yang dilakukan oleh AWL sangat fatal. bahkan dalam undang-undang mengatur jika perusahaan tersbeut bisa didenda dan dituntut tiga miliar rupiah dan kurungan tiga tahun penjara.

Temuan ini akan langsung dilaporakan kepada Blh Provinsi dan Pusat untuk ditindak lanjuti. Mengantisipati terjadinya hal yang tidak diinginkan, tim gabungan telah memasang pengumuman di lokasi temuan tersebut. Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan tindakan lebih lanjut, guna menyikapi masalah ini. Mengingat aliran pembuangan limbah tersebut masuk ke Sungai Batang Garingging dan bermuara di Sungai Batang Alin.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat