Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaDaerah

Masyarakat waspadai paham radikal

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 13 Januari 2016 JAM 07:00:33 WIB

Masyarakat Sumatera Barat dihimbau mewaspadai paham radikal yang datang dari berbagai kalangan. Salah satunya Gerakan Fajar Nusantara -GAFATAR- yang diduga terkait dengan kegiatan terlarang dan aliran sesat.

Gerakan Fajar Nusantara -GAFATAR-  akhir-akhir ini marak diperbincangkan di beberapa media dan kalangan. Tersorotnya organisasi ini dikaitkan dengan hilangnya beberapa orang di sejumlah daerah di Indonesia secara mendadak. Berdasarkan website GAFATAR, orgnisasi ini disebut dideklarasikan di Kemyoran Jakarta Pusat pada tahun 2012 lalu. Dan dilarang pemerintah karena diduga merupakan gerakan sosial terselubung dan aliran yang dapat mengarah ke tindakan yang ekstrim.

Diduga organisasi ini terindikasi pecahan Al-qiyadah  Al-islamiyah yang dahulu dipimpin Ahmad Musadeq dengan target perekrutan anggotanya orang-orang yang berpendidikan tinggi.

Gerakan Fajar Nusantara -GAFATAR- ini diduga akan merambah kedaerah-daerah di Indonesia. Hal ini patut di waspadai masyarakat jika terbukti Ormas tersebut termasuk aliran yang menyesatkan. Ketua MUI Sumatera Barat menyatakan masyarakat di Sumbar harus lebih waspada dan mampu menilai terhadap paham-paham yang diajarkan agar tidak terjerumus ke aliran sesat. Masyarakat diharapkan lebih cerdas dan meningkatkan keimanan dengan mendalami Al-quran dan Hadist.

Wartawan : Sherly Zulkarnaen, Joni Sartika
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat