Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Selasa, 21 November 2017

Rangkaian acara pada hari Selasa, 21 November 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,3SR
21-Nov-17 06:41:55 WIB
Kedalaman 15 Km
52 Km Northwest Niasutara-sumut
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Pasaman Barat03 Februari 2017 - 06:20 WIB
Persediaan Elpiji 3 Kg Minim
Persediaan Elpiji 3 Kg Minim

Reporter : ANDIKA • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Diduga karena banyak masyarakat kalangan  menengah keatas   yang menggunakan elpiji tiga kilogram,  persediaan  elpiji ukuran tiga kilogram untuk masyarakat miskin di Pasaman Barat sering kosong. Bahkan menurut sejumlah agen, permintaan tabung tiga kilogram naik   sepuluh persen, dibanding beberapa waktu lalu.

Beberapa waktu terakhir,  masyarakat miskin yang menggunakan gas elpiji tiga kilogram di Pasaman Barat mulai kesulitan mendapatkan gas. Pasalnya banyak gas tiga kilogram yang diperuntukan untuk masyarakat miskin digunakan oleh masyarakat  mampu, sementara alokasi yang diberikan pertamina ke tingkat agen dan pangkalan tidak mengalami penambahan. Berdasarkan data sebuah agen elpiji tiga kilogram di Kawasan Jambak Pasaman Barat, saat ini terjadi peningkatan pengunaan elpiji tiga kilogram di lapangan sekitar sepuluh persen dari   biasanya. Hal tersebut disebabkan  semakin banyaknya masyarakat yang mulai beralih mengunakan elpiji pasca konversi.

Namun disisi lain, penyebab tingginya permintaan elpiji tiga kilogram juga dipengaruhi banyaknya masyarakat mampu atau menengah ke atas menggunanakan elpiji tiga kilogram, sehingga jatah masyarakat miskin terjadi berkurang. Menurut seorang petugas gudang, setiap harinya agen tersebut mendapatkan jatah seribu dua ratus tabung.

Namun jumlah tersebut tetap saja kurang baik ditingkat pangkalan maupun   pengecer. Hal tersebut terlihat dengan terjadinya kokosongan persediaan yang berlangsung satu hingga tiga hari. Mengatasi kekurangan dan kokosongan tersebut, pihak agen telah mengusulkan penambahan kuota ke Pertamina, namun hingga sekarang belum terealisasi. Mengatasi kekosongan elpiji tiga kilogram, pihak agen meminta Pemerintah melakukan pengawasan. Sementara  masyarakat diminta sadar, terutama masyarakat mampu, untuk tidak menggunakan elpiji tiga kilogram yang seharusnya untuk masyarakat miskin. Pasalnya untuk masyarakat ekonomi menengah ke atas pemerintah telah menyediakan elpiji tabung lima kilogram dan tabung dua belas kilogram.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat