Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Persediaan Elpiji 3 Kg Minim

Kontributor DaerahEkonomi 03 Februari 2017 JAM 06:20:10 WIB

Diduga karena banyak masyarakat kalangan  menengah keatas   yang menggunakan elpiji tiga kilogram,  persediaan  elpiji ukuran tiga kilogram untuk masyarakat miskin di Pasaman Barat sering kosong. Bahkan menurut sejumlah agen, permintaan tabung tiga kilogram naik   sepuluh persen, dibanding beberapa waktu lalu.

Beberapa waktu terakhir,  masyarakat miskin yang menggunakan gas elpiji tiga kilogram di Pasaman Barat mulai kesulitan mendapatkan gas. Pasalnya banyak gas tiga kilogram yang diperuntukan untuk masyarakat miskin digunakan oleh masyarakat  mampu, sementara alokasi yang diberikan pertamina ke tingkat agen dan pangkalan tidak mengalami penambahan. Berdasarkan data sebuah agen elpiji tiga kilogram di Kawasan Jambak Pasaman Barat, saat ini terjadi peningkatan pengunaan elpiji tiga kilogram di lapangan sekitar sepuluh persen dari   biasanya. Hal tersebut disebabkan  semakin banyaknya masyarakat yang mulai beralih mengunakan elpiji pasca konversi.

Namun disisi lain, penyebab tingginya permintaan elpiji tiga kilogram juga dipengaruhi banyaknya masyarakat mampu atau menengah ke atas menggunanakan elpiji tiga kilogram, sehingga jatah masyarakat miskin terjadi berkurang. Menurut seorang petugas gudang, setiap harinya agen tersebut mendapatkan jatah seribu dua ratus tabung.

Namun jumlah tersebut tetap saja kurang baik ditingkat pangkalan maupun   pengecer. Hal tersebut terlihat dengan terjadinya kokosongan persediaan yang berlangsung satu hingga tiga hari. Mengatasi kekurangan dan kokosongan tersebut, pihak agen telah mengusulkan penambahan kuota ke Pertamina, namun hingga sekarang belum terealisasi. Mengatasi kekosongan elpiji tiga kilogram, pihak agen meminta Pemerintah melakukan pengawasan. Sementara  masyarakat diminta sadar, terutama masyarakat mampu, untuk tidak menggunakan elpiji tiga kilogram yang seharusnya untuk masyarakat miskin. Pasalnya untuk masyarakat ekonomi menengah ke atas pemerintah telah menyediakan elpiji tabung lima kilogram dan tabung dua belas kilogram.

Wartawan : ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat