Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Tahun 2016 Penderita Gizi Buruk 411 Anak

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 27 Januari 2017 JAM 06:34:04 WIB

Meski jumlah kasus gizi buruk di Sumatera Barat menurun di tahun 2016, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan tetap meningkatkan program terkait gizi dan kesehatan masyarakat khususnya di daerah tertinggal. Sosialisasi gizi yang tidak saja ada pada makanan mahal juga akan ditingkatkan, mengingat kasus gizi buruk terjadi juga karna ketidaktahuan orang tua.

Kasus gizi buruk di Sumatera Barat pada tahun 2016 mencapai 411 kasus, menurun 79 kasus dibandingkan tahun 2015. Tiga daerah tertinggi adalah  Kabupaten Kepulauan Mentawai 81 kasus gizi buruk, Kota Padang 68 kasus dan Padang Pariaman 42 kasus. Ketiga daerah ini akan mendapat pembinaan dan pemantauan lebih banyak dari Pemerintah Provisi dan Kabupaten Kota  kedepannya, salah satunya melalui penyuluhan kesehatan gizi. Namun menurut Gubernur Sumatera Barat,  kasus gizi buruk tidak selalu terjadi di daerah miskin dan  teringgal.

Kota Padang dengan mayoroitas penduduk terbanyak di Sumatera Barat  juga memiliki jumlah kasus tinggi. Diduga hal ini terjadi  tidak hanya karna kemiskinan tapi juga karna ketidaktahuan  orang tua atau keluarga tentang banyaknya ragam  makanan yang bergizi. Kedepan sosialisasi ini akan ditingkatkan. Momentum 25 Januari di peringati sebagai Hari Gizi dan makanan menjadi saat yang tepat untuk refleksi perkembangan gizi ditengah masyarakat. Kedepan diharapkan angka kasus gizi buruk yang menimpa anak- anak tidak  lagi ditemukan, sehingga anak - anak Indonesia umumnya dan Sumatera Barat khsusnya adalah anak- anak yang sehat dan cerdas.

 

Wartawan : MAQRI NELVI L/ ATFRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat