LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Sabtu, 26 September 2020

08 : 05SERAMBI MUSLIMAH
09 : 00ANAK MINANG CERIA
10 : 00SUMATERA BARAT HARI INI
11 : 00SYIAR DAN SYAIR
12 : 00SENANDUNG MINANG
12 : 30KULINER
13 : 00MELODI NOSTALGIA
14 : 00CERITO LAPAU
15 : 00DUNIA ANAK
15 : 30HIBURAN
16 :05SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00SUMBAR MEMBANGUN
17 : 30KABA RANAH MINANG
18 : 00NADA ISLAMI
18 : 30JEJAK ISLAMI
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang25 Januari 2017 - 06:58 WIB
Tingkatkan sosialisasi wisata halal
Tingkatkan sosialisasi  wisata halal

Reporter : MAQRI NELVI L, JONI BAKRI • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Agar konsep wisata halal mendapat dukungan seluruh  masyarakat Sumatera Barat, sosialisasi terkait pentingnya sertifikasi  halal harus ditingkatkan. Saat ini sebagian masyarakat Sumatera Barat masih dalam konsep lama, memandang halal di ranah minang   tidak memerlukan sertifikasi lagi, karna sudah merupakan daerah mayoritas islam.

Sebagai daerah  yang kental dengan adat istiadat  dan agama islam, banyak masyarakat Sumatera Barat  yang  masih  menganggap  sertifikasi dan label halal tidak  di perlukan lagi di daerah ini. Padahal dalam mendukung konsep wisata halal,  identitas dan bukti berupa sertifikasi dan label,  tetap harus di tunjukkan setiap pelaku pariwisata seperti restoran, hotel, destinasi wisata dan lainnya. Komisi V DPRD Sumatera Barat yang juga membidangi  pariwisata  menyayangkan masih banyaknya pemahaman ini berkembang di tengah masyarakat Ranah Minang. Hal ini menurut anggota DPRD Sumbar Marlina,  mengindikasikan sosialiasi terkait konsep wisata halal dan sarana prasarana pendukungnya masih kurang, dan   belum banyak diketahui masyarakat.

Oleh karena itu, Pemerintah   Provinsi harus  lebih meningkatkan sosailiasi pada masyarakat khususnya pentingnya sertifikasi  halal  dan dukungan mereka dalam konsep destinasi wisata halal tersebut. Dari 19 Kabupaten Kota yang ada di Sumatera Barat, Kota Padang dan Kabupaten Tanah Datar dinilai sudah selangkah lebih baik dalam penerapan konsep wisata halal di Sumatera Barat. Ini dibuktikan dari beberapa tempat makan dan hotel serta destinasinya sudah menerapkan konsep wisata halal. Kabupaten Kota lainnya di harapkan ikut menyiapkan daerahnya   untuk mendukung  Sumatera Barat  menjadi destinasi halal, agar  harapan bersama Sumbar jadi tujuan wisata  mancanegara  dan nusantara bisa terwujud.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa