Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Tingkatkan sosialisasi wisata halal

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 25 Januari 2017 JAM 06:58:02 WIB

Agar konsep wisata halal mendapat dukungan seluruh  masyarakat Sumatera Barat, sosialisasi terkait pentingnya sertifikasi  halal harus ditingkatkan. Saat ini sebagian masyarakat Sumatera Barat masih dalam konsep lama, memandang halal di ranah minang   tidak memerlukan sertifikasi lagi, karna sudah merupakan daerah mayoritas islam.

Sebagai daerah  yang kental dengan adat istiadat  dan agama islam, banyak masyarakat Sumatera Barat  yang  masih  menganggap  sertifikasi dan label halal tidak  di perlukan lagi di daerah ini. Padahal dalam mendukung konsep wisata halal,  identitas dan bukti berupa sertifikasi dan label,  tetap harus di tunjukkan setiap pelaku pariwisata seperti restoran, hotel, destinasi wisata dan lainnya. Komisi V DPRD Sumatera Barat yang juga membidangi  pariwisata  menyayangkan masih banyaknya pemahaman ini berkembang di tengah masyarakat Ranah Minang. Hal ini menurut anggota DPRD Sumbar Marlina,  mengindikasikan sosialiasi terkait konsep wisata halal dan sarana prasarana pendukungnya masih kurang, dan   belum banyak diketahui masyarakat.

Oleh karena itu, Pemerintah   Provinsi harus  lebih meningkatkan sosailiasi pada masyarakat khususnya pentingnya sertifikasi  halal  dan dukungan mereka dalam konsep destinasi wisata halal tersebut. Dari 19 Kabupaten Kota yang ada di Sumatera Barat, Kota Padang dan Kabupaten Tanah Datar dinilai sudah selangkah lebih baik dalam penerapan konsep wisata halal di Sumatera Barat. Ini dibuktikan dari beberapa tempat makan dan hotel serta destinasinya sudah menerapkan konsep wisata halal. Kabupaten Kota lainnya di harapkan ikut menyiapkan daerahnya   untuk mendukung  Sumatera Barat  menjadi destinasi halal, agar  harapan bersama Sumbar jadi tujuan wisata  mancanegara  dan nusantara bisa terwujud.

Wartawan : MAQRI NELVI L, JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat