Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Program Sekolah Sore Terkendala Indikasi Pungli

Kontributor DaerahPendidikan 23 Januari 2017 JAM 06:41:16 WIB

Jadwal pelaksanaan kegiatan belajar sore dalam rangka pematangan materi bagi siswa kelas tiga SMP Sederajat di Pasaman Barat terlambat. di karenakan minimnya dana yang tersedia, dan pihak sekolah takut dengan Tim Saber Pungli, jika melakukan pemungutan uang kepada siswa sebagai dana kegiatan belajar sore tersebut. Pelaksanaan belajar tambahan atau sekolah sore bagi siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional biasanya dilakukan sesaat setelah Semester Ganjil berakhir. Akibatnya hingga sekarang siswa kelas tiga SMP Se Pasaman Barat belum bisa melaksanakan sekolah sore karena terkendala dana operasional.

 

Pasalnya jumlah dana yang tersedia saat ini sangat terbatas, sementara itu jika pihak sekolah melakukan pemungutan terhadap siswa, dikhawatirkan masuk dalam kategori pungutan liar. meski demikian beberapa waktu lalu dinas pendidikan dan pihak sekolah telah menemukan kesepakatan, agar kegiatan belajar sore tersebut tetap terlaksana. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat Irwan mengatakan, pihaknya telah mengintruksikan Sekolah SMP Sederajat di Pasaman Barat untuk memulai belajar sore sebelum menghadapi Ujian Nasional.

 

Sementara itu untuk memenuhi kekurangan Anggaran Dinas dan Pihak Sekolah sepakat meminta bantuan dari orangtua siswa, berupa dana kegiatan belajar sore. pemungutan dana tersebut dilakukan setelah ada kesepakatan antara komite dan sekolah, sesuai besaran yang di sepakati. Kebijakan tersebut dilakukan Pihak Sekolah mengingat minimnya ketersedian dana sekolah, untuk mematangkan persiapan materi siswa sebelum menghadapi ujian, maka diminta peran dari orangtua atau komite.

 

Kebijakan itu diambil setelah melakukan koordinasi dengan tim Saber Pungli, tentang penggalangan dana antara komite dan sekolah tidak termasuk pungli. Dinas Pendidikan berharap dengan adanya kesepakatan tersebut kegiatan belajar sore untuk seluruh materi yang di UN-kan bisa terlaksana dalam waktu dekat. Sementara itu hingga saat ini sebagian besar SMP Sederajat masih mempersiapkan kegiatan belajar tambahan sore siswa menghadapi UN nanti. namun beberapa sekolah berencana akan memulai belajar sore pada tanggal dua puluh tiga Januari, setelah melakukan kesepakatan dan rapat dengan orangtua murid.

Wartawan : ANDIKA, ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat