Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Senin, 21 Mei 2018

14 : 00SUMBAR SEKILAS
14 : 02SENANDUNG MINANG
14 : 30PADULI BASAMO
15 : 00DENDANG 15
16 : 00BERITA RANAH MINANG
17 : 00FORUM TUAH SAKATO
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,4SR
20-May-18 02:08:37 WIB
Kedalaman 31 Km
44 Km Southwest Seluma-bengkulu
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang19 Januari 2017 - 06:23 WIB
Hindari Persaingan, Pemerintah Sudah Mengatur Daya Tangkap Nelayan
Hindari Persaingan,  Pemerintah Sudah Mengatur  Daya  Tangkap  Nelayan

Reporter : MAQRI NELVI L, JONI BAKRI • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Guna menghindari persaingan antara kapal kecil dan kapal besar, Pemerintah telah mengatur  wilayah tangkap nelayan. Namun untuk pengawasan  penerapan aturan tersebut, Dinas Kelautan Perikanan Kota Padang tidak memiliki wewenang.

 

Menanggapi keluhan sejumlah nelayan Kota Padang dimana wilayah tangkap  kapal mereka juga di isi kapal berukuran besar dan terjadi persaingan, Dinas Kelautan Perikanan Kota Padang mengaku tidak memiliki kewenangan. Untuk pengawasan penerapan aturan wilayah  tangkap ikan dan pengawasan kapal lainnya, sesuai Undang Undang Perikanan Dan Kelautan saat ini sudah berada di wilayah Provinsi. Pemerintah Provinsi sudah memiliki SDM yang bertugas dibidang pengawasan, serta dilengkapi  kapal untuk pengawasan di laut.

 

Namun terkait wilayah tangkap, pemerintah melalui Kementrian Perikanan Dan Kelautan  sudah jauh hari mengeluarkan aturan tersebut, dimana kapal kecil di bawah 10 gross ton memiliki areal tangkap  4 mill. Sementara kapal diatas 10 gross ton memiliki daya tangkap 12 mil dan diatas 300 groston memiliki wilayah tangkap diatas 100 mill. Semua aturan tersebut dibuat dengan tujuan agar tidak terjadi persaingan diantara nelayan kapal kecil dan kapal besar. Sementara itu terkait pengukuran ratusan    kapal kapal nelayan di Padang, menurut Zalbadri sudah hampir selesai semuanya. Saat ini pemilik kapal sedang menindaklanjuti SIUP dan SIPI  kapal, yang sudah mendapat surat sementara dari Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat