LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Jum'at, 25 September 2020

08 : 05SERAMBI MUSLIMAH
09 : 00ANAK MINANG CERIA
10 : 00SUMATERA BARAT HARI INI
11 : 00SUARA PUBLIK
12 : 00SUARA PUBLIK
12 : 00LANGGAM MELAYU
13 : 00PADULI BASAMO
13 : 30BRIZZIK
14 : 00CARITO LAPAU
15 : 00DUNIA ANAK
15 : 30VIDEO KLIP
16 : 05SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00SYIAR DAN SYAIR
18 : 00NADA ISLAMI
18 : 30JEJAK ISLAMI
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Dharmasraya19 Januari 2017 - 06:07 WIB
Ekonomi Daerah Transmigrasi Di Dharmasraya Semakin Maju

Reporter : MUHAMMAD SUPADI • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Daerah transmigrasi yang dibangun dan dikembangkan oleh pemerintah yang terletak di Kabupaten Dharmasraya kini memasuki masa kejayaan. Berdiri sejak tahun delapan puluhan, daerah transmigrasi yang menjadi sebuah nagari bernama Koto Tinggi Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya hidup rukun dan damai didominasi warga agam dan pulau jawa. Berdirinya daerah transmigarasi tidak lepas dari program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat.

 

Transmigrasi yang berdiri sebelum Kabupaten Dharmasraya dibentuk dan berkembang masih digabung dengan Sawahlunto Sijunjung kini berkembang pesat. Masyarakat transmigrasi yang mayoritas dari penduduk pulau Jawa dan Sumatera hidup berdampingan menjadi satu dengan beragam mata pencarian. Tokoh masyarakat transmigrasi yang sudah lanjut usia membandingkan semasa pertama kali datang kesana dengan zaman sekarang.

 

Kini hidup mereka tanpa harus dibelaskasihani semua orang, sudah mempunyai kebun sawit dan karet sendiri dan tempat tinggal yang layak. Seperti yang diceritakan dalam penampilan drama oleh ibu-ibu yang sebagian sebagai pelaku transmigrasi Dari Kabupaten Agam. Mereka sebagai korban Galodo Danau Maninjau pada puluhan tahun yang lalu. Sebagaimana perhatian terhadap daerah pinggiran yang lain, daerah transmigrasi Koto Tinggi sudah memiliki akses jalan yang layak dikendarai oleh mobil dan sepeda motor. Bangunan atau fasilitas umum seperti sekolah  juga telah lama berdiri.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa