Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Jum'at, 15 Desember 2017

15.02SUMBAR SEKILAS
15.05DIALOG KHUSUS
16.00BERITA RANAH MINANG
17.00NUANSA IMAN
18.00FORUM TUAH SAKATO
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,2SR
12-Dec-17 09:23:10 WIB
Kedalaman 113 Km
37 Km Southeast Kota-sukabumi-jabar
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Dharmasraya19 Januari 2017 - 06:07 WIB
Ekonomi Daerah Transmigrasi Di Dharmasraya Semakin Maju

Reporter : MUHAMMAD SUPADI • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Daerah transmigrasi yang dibangun dan dikembangkan oleh pemerintah yang terletak di Kabupaten Dharmasraya kini memasuki masa kejayaan. Berdiri sejak tahun delapan puluhan, daerah transmigrasi yang menjadi sebuah nagari bernama Koto Tinggi Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya hidup rukun dan damai didominasi warga agam dan pulau jawa. Berdirinya daerah transmigarasi tidak lepas dari program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat.

 

Transmigrasi yang berdiri sebelum Kabupaten Dharmasraya dibentuk dan berkembang masih digabung dengan Sawahlunto Sijunjung kini berkembang pesat. Masyarakat transmigrasi yang mayoritas dari penduduk pulau Jawa dan Sumatera hidup berdampingan menjadi satu dengan beragam mata pencarian. Tokoh masyarakat transmigrasi yang sudah lanjut usia membandingkan semasa pertama kali datang kesana dengan zaman sekarang.

 

Kini hidup mereka tanpa harus dibelaskasihani semua orang, sudah mempunyai kebun sawit dan karet sendiri dan tempat tinggal yang layak. Seperti yang diceritakan dalam penampilan drama oleh ibu-ibu yang sebagian sebagai pelaku transmigrasi Dari Kabupaten Agam. Mereka sebagai korban Galodo Danau Maninjau pada puluhan tahun yang lalu. Sebagaimana perhatian terhadap daerah pinggiran yang lain, daerah transmigrasi Koto Tinggi sudah memiliki akses jalan yang layak dikendarai oleh mobil dan sepeda motor. Bangunan atau fasilitas umum seperti sekolah  juga telah lama berdiri.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat