Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Dharmasraya

Ekonomi Daerah Transmigrasi Di Dharmasraya Semakin Maju

Kontributor DaerahEkonomi 19 Januari 2017 JAM 06:07:57 WIB

Daerah transmigrasi yang dibangun dan dikembangkan oleh pemerintah yang terletak di Kabupaten Dharmasraya kini memasuki masa kejayaan. Berdiri sejak tahun delapan puluhan, daerah transmigrasi yang menjadi sebuah nagari bernama Koto Tinggi Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya hidup rukun dan damai didominasi warga agam dan pulau jawa. Berdirinya daerah transmigarasi tidak lepas dari program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat.

 

Transmigrasi yang berdiri sebelum Kabupaten Dharmasraya dibentuk dan berkembang masih digabung dengan Sawahlunto Sijunjung kini berkembang pesat. Masyarakat transmigrasi yang mayoritas dari penduduk pulau Jawa dan Sumatera hidup berdampingan menjadi satu dengan beragam mata pencarian. Tokoh masyarakat transmigrasi yang sudah lanjut usia membandingkan semasa pertama kali datang kesana dengan zaman sekarang.

 

Kini hidup mereka tanpa harus dibelaskasihani semua orang, sudah mempunyai kebun sawit dan karet sendiri dan tempat tinggal yang layak. Seperti yang diceritakan dalam penampilan drama oleh ibu-ibu yang sebagian sebagai pelaku transmigrasi Dari Kabupaten Agam. Mereka sebagai korban Galodo Danau Maninjau pada puluhan tahun yang lalu. Sebagaimana perhatian terhadap daerah pinggiran yang lain, daerah transmigrasi Koto Tinggi sudah memiliki akses jalan yang layak dikendarai oleh mobil dan sepeda motor. Bangunan atau fasilitas umum seperti sekolah  juga telah lama berdiri.

Wartawan : MUHAMMAD SUPADI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat