Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

Sepinya Penjualan Bunga Hias Di X Koto Tanah Datar

Kontributor DaerahPertanian 12 Januari 2017 JAM 06:49:22 WIB

Pedagang tanaman bunga hias di X Koto, Koto Baru Tanah Datar, mengeluhkan sepinya pembeli dalam beberapa minggu terakhir ini. Pedagang meminta agar Pemerintah Daerah turut membantu memasarkan usaha penjualan bunga di daerah ini. Berbeda saat musim libur panjang beberapa waktu lalu, saat ini pedagang tanaman hias atau bunga di Koto Baru Tanah Datar, lebih banyak merawat tanaman yang akan dijual. Hal ini disebabkan karena sepinya pembeli dalam beberapa hari terakhir.

 

Rama salah seorang pedagang tanaman hias, di kawasan Koto Baru Tanah Datar mengatakan, penjualan tanaman hias biasanya ramai di Hari Minggu atau di hari libur. Di tempat usahanya di  jalan raya Padang Panjang Bukittinggi tepatnya di Koto Baru, Rama menjual bermacam bunga hias seperti Bunga Lantana, Bunga Petunia Ungu, Bunga Bonsai, Bunga Palem, Mawar, Bunga Kertas, Suplir Adiantum, Aglaonema atau Sri Rejeki. Harga bunga yang dijual juga bervariasi dari harga terendah 15 ribu hingga tertinggi 500 ribu rupiah.

 

Selain menjual bermacam bunga, para pedagang juga menyediakan berbagai macam pot tanaman hias. Namun saat ini para pedagang mengeluhkan omset penjualan yang turun drastis. Biasanya di hari libur banyak orang yang singgah membeli bunga di tempat usahanya, apalagi  disini merupakan jalan perlintasan menuju Bukitinggi  atau ke Daerah Riau. Di prediksi turunnya daya beli masyarakat disebabkan susahnya peredaran uang saat ini.

 

Para pedagang berharap Pemerintah Daerah agar bisa turut membantu dalam pengembangan pedagang bunga yang ada di wilayah Koto Baru. Mengingat, selama ini sudah banyak yang mengetahui jika daerah X Koto, merupakan central penjualan bunga.

Wartawan : ROBIHAM
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat