Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang Panjang

Faktor cuaca penyebab kenaikan harga cabai

Kontributor DaerahEkonomi 12 Januari 2017 JAM 06:40:31 WIB

Tidak jauh berbeda dengan daerah lain, harga cabai merah di pasar Koto Baru Tanah Datar dan pasar padang panjang melonjak naik sejak beberapa hari terkahir. Harga cabai di padangpanjang bahkan melambung tinggi di kisaran 70 ribu rupiah per kilogramnya. Berada di salah satu sentral pertanian penghasil cabai, tidak menjadi jaminan harga cabai di padang panjang dan tanah datar, tidak melonjak naik.

Harga cabai merah terus merangkak naik mulai dari kisaran 35 ribu rupiah per kilogram menjadi 65 ribu hingga 70 ribu rupiah per Kilogramnya. Sementara harga cabai rawit biasanya hanya 50.000 per kg sekarang menjadi 60.000 per kg, sedangkan untuk cabe hijau mengalmi sedikit penurunan dari 30.000 menjadi 25.000 per kilogramnya. Pedagang mengatakan, naiknya harga cabe disebabkan cuaca yang sering hujan sehingga petani cabe sulit untuk memanen cabenya, ditambah kurangnya pasokan cabe dari Bengkulu dan Jawa sehingga pasokan akan cabe menjadi berkurang sedangkan permintaan cabe lumayan meningkat.

Kenaikan harga tidak hanya terjadi pada cabai merah tapi juga sejumlah komoditi lainnya seperti ayam potong jenis Broiler yang juga mengalami kenaikan dari 20.000 per Kg sekarang menjadi 23.000 per Kg nya. Masyarakat berharap Dinas terkait dapat turun ke pasar untuk meninjau naiknya sejumlah komoditi terutama cabai.

Wartawan : ROBIHAM
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat