Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Rabu, 26 September 2018

14 : 00SUMBAR SEKILAS
14 : 02BUKAN TALKSHOW BIASA
15 : 00BERITA RANAH MINANG
17 : 00AYO HIDUP SEHAT
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,4SR
26-Sep-18 16:27:45 WIB
Kedalaman 20 Km
69 Km Southeast Tambrauw-papuabrt
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Pasaman Barat15 Desember 2016 - 05:53 WIB
Pasbar Butuh Banyak Relawan
Pasbar  Butuh Banyak Relawan

Reporter : Andika/ Andika • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Berdasarkan data badan penanggulangan bencana, Kabupaten Pasaman Barat masuk dalam ketegori daerah market bencana. Pasalnya seluruh potensi bencana ada di daerah tersbeut. Beberapa bencana yang sering terjadi adalah banjir dan longsor, menyikapi hal tersebut Kabupaten Pasaman Barat membutuhkan banyak tenaga relawan terlatih dan masyarakat yang sadar akan mitigasi bencana. Salah satunya contohnya bancana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.Menyikapi hal tersebut, pemerintah meminta masyarakat aktif dan mau bergabung sebagai relawan yang cerdas dan bisa memberikan petolongan pertama kepada masyarakat saat terjadi bencana.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua PMI Kabupaten Pasaman Barat Yunisra. Menurutnya jumlah relawan PMI yang tersebar di sebelas kecamatan di Pasaman Barat masih terbilang minim. Sangat luasnya wilayah Kabupaten Pasaman Barat dan banyak potensi bencana menjadi kendala di tengah masyarakat. Meski demikian, PMI dengan sejumlah kadernya dan instansi terkait saat ini tengah berupaya memperluas jaringan dan menambah jumlah kader hingga ke tingkat jorong. Kemudian disisi lain memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang mitigasi bencana untuk mengurangi resiko bencana.

Selain bencana banjir dan longsor, masyarakat Pasaman Barat juga diminta waspada dan siap dengan bencana gempa dan tsunami. Karena saat ini tercatat seratus lima puluh kilomter wilayah Kabupaten Pasaman Barat berada di bibir pantai dan masuk dalam zona merah tsunami. Bahkan sejumlah gunung di daerah tersebut masuk dalam kategori gunung aktif.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat