Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

Panwas Akan Gugat Penetapan 3 Pasang Calon Walikota

Kontributor Daerah • Kota Payakumbuh27 Oktober 2016 - 08:27 WIB

Panwas Akan  Gugat Penetapan  3 Pasang Calon Walikota

Reporter : Edward • Editor : Redaksi Berita

 

Keputusan komisi pemilihan umum (KPU) kota Payakumbuh yang tetap meloloskan 3 pasangan calon walikota-wakil walikota Payakumbuh sebagai peserta PILKADA serentak tahun 2017, mendapat tanggapan serius dari Panwas setempat.

Menurut Panwas, salah satu bakal calon walikota tidak memenuhi syarat untuk diloloskan sebagai calon walikota. Karena yang bersangkutan masih mempunyai tunggakan pajak.

Hal tersebut sesuai dengan peraturan PKPU Nomor 9 Tahun 2016, terkait salah satu syarat bakal calon tidak tertunggak pajak. Sesuai surat terakhir yang diterima Panwaslih kota Payakumbuh, dari dirjen pajak, calon bersangkutan masih tercatat penunggak pajak.

Sementara menurut KPU, pihaknya meloloskan ketiga pasangan calon, termasuk calon yang disebut masih bermasalah pajak, berdasarkan surat penjelasan KPU RI. Bahwa bakal calon walikota tengah mengajukan permohonan keberatan atau banding atas data utang pajak. Sehingga proses pencalonan yang bersangkuan dapat dilanjutkan sampai dengan putusan banding diterbitkan.

Keberatan pihak Pawaslih kepada  KPU yang dianggap  salah menetapkan pasangan calon ini tetap menjadi perhatian mereka. Pihak KPU mengaku telah menjalani seluruh proses tahapan PILKADA dengan baik dan benar, karena telah  melakukan verifikasi fatual kepada semua pihak dan lembaga terkait.

Sosial Media

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat