Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

Dewan Minta Pengukuran Bagan Nelayan Jangan Dipersulit

TVRI Sumatera Barat • Kota Padang25 Oktober 2016 - 06:49 WIB

Dewan Minta Pengukuran Bagan Nelayan Jangan Dipersulit

Reporter : SHERLY Z/ AGUSRI • Editor : Redaksi Berita

 

Saudara, himbauan pemerintah terkait penyelesaian kelengkapan surat-surat kapal nelayan masih terus dilakukan para pemilik kapal. Terkait dengan ini dewan berharap KSOP tidak mempersulit proses kelengkapan tersebut, salah satunya terkait proses pengukuran bagan. Sejumlah kendala tengah dihadapi para nelayan pemilik bagan,  untuk membuat surat kelengkapan kapal yang ditargetkan tuntas pada akhir tahun 2016 ini.

 

Beberapa kendala diantaranya yaitu proses pengukuran kapal yang harus melalui tahap pengajuan gambar, bagan atau kapal milik nelayan tersebut. Sementara itu untuk pembuatan gambar tersebut, nelayan harus mengeluarkan biaya hingga 8 juta rupiah yang dirasa sangat memberatkan nelayan kecil. Keluhan nelayan terkait tentang proses pengukuran kapal atau bagan milik nelayan ini mendapat tanggapan dari Anggota Komisi Dua DPRD Kota Padang.

Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan KSOP diminta tidak mempersulit pengukuran kapal nelayan yang harus mengajukan gambar kapal, atau bagan terlebih dahulu untuk pengukuran. KSOP diharapkan dapat mengarahkan para nelayan kepada proses yang lebih mudah, atau memberikan solusi terhadap kendala yang tengah dihadapi para nelayan sehingga tidak memberatkan para nelayan kecil tersebut.

 

Sementara itu anggota Komisi Dua DPRD Padang akan segera membicarakan permasalahan tersebut dengan Dinas  Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, agar permasalahan tersebut tidak berlarut-larut sehingga akhir tahun ini target penyelesaian kelengkapan surat-surat kapal nelayan dapat tercapai.

 

Info Covid-19

 

Sosial Media

Instagram

Youtube

Facebook

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat