Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Petani Tekan Populasi Hama Tikus

TVRI Sumatera BaratPertanian 25 Oktober 2016 JAM 06:25:18 WIB

Mengantisipasi serangan hama tikus tidak meluas lebih jauh, petani secara bersama-sama meletakkan racun tikus di area perwasahan mereka dengan harapan bebas dari serangan hama tikus. Cara ini mereka anggap paling ampuh menekan populasi hama tikus karena saat ini tidak mempan lagi menggunakan perangkap.

Menyikapi serangan hama tikus yang melanda sawah sebagian Kelompok Tani di Anak Aia Kelurahan Batipuh Panjang Kecamatan Koto Tangah Padang, sejumlah petani bersama-sama meletakkan racun tikus ke area persawahan mereka. Selama ini petani telah memasang perangkap serta selokan pengeringan di pinggiran sawah agar hama tikus tidak menyerang tanaman padi mereka. Jenis racun yang mereka gunakan kali ini merupakan yang disarankan oleh Pemerintah karena terbilang ampuh dibandingkan racun tikus lainnya.

Racun ini membuat tikus tidak mau makan sehingga dalam dua hingga tiga hari tikus akan merasa lemas dan akhirnya mati dalam keadaan kering. Jika si tikus betina yang memakan racun tersebut menyusui anaknya maka anak tikus tersebut juga akan ikut mati. Sehingga racun ini diyakini oleh pemerintah bisa menekan populasi hama tikus.

Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan Dan Kehutanan Kota Padang saat ini tengah berupaya menuntaskan permasalahan yang dihadapi petani terutama pada musim peralihan. Beberapa waktu lalu hama wereng juga telah menyerang sawah petani yang hampir merata terjadi Di Kota Padang dengan luas lahan mencapai 100 hektar.

Wartawan : Novika / Nurul Qalbis
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat