Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

Dinas Pertanian Jamin Stok Pangan Masih Cukup

Kontributor Daerah • Kota Sawahlunto24 Oktober 2016 - 08:55 WIB

  Dinas Pertanian Jamin Stok Pangan Masih Cukup

Reporter : Insan Kamil Dakoga • Editor : Redaksi Berita

 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bencana puso 200 hektar sawah sedang melanda Kota Sawahlunto akibat kemarau panjang dan lebih dari 100 hektar sawah mengalami tunda tanam.

Namun Dinas Pertanian Kota Sawahlunto memperkirakan stok pangan khususnya persediaan beras hingga akhir tahun ini masih mencukupi. Hal ini diutarakan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Heni Purwaningsih, menurutnya total luas sawah di Sawahlunto berjumlah 1.680 hektare dikurangi 370 hektar luas sawah bermasalah diperkirakan menghasilkan 9.770 ton gabah kering atau 6.155 ton beras setahun.

Hingga September lalu konsumsi beras berkisar 4.194 ton, berarti masih ada kelebihan 1.961 ton beras lagi dan belum termasuk panen November atau Desember mendatang. Karena dasar inilah Dinas Pertanian Dan Peternakan Kota Sawahlunto mengklaim stok beras di Sawahlunto masih aman hingga akhir tahun. Selain itu menurut Heni, kekeringan tahun  ini merupakan bencana terparah dibandingkan tahun lalu. Selain kemarau, banyaknya titik kebakaran yang melanda perbukitan membuat air benar-benar kering. Meskipun beberapa kali hujan turun, namun debit air yang turun tidak cukup menambah pasokan air. Guna menanggulangi tidak terjadi lagi pada tahun depan, Dinas Pertanian sudah merencanakan beberapa alternatif bantuan bagi petani.

Sosial Media

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat