LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Minggu, 27 September 2020

08 : 05SERAMBI MUSLIMAH
09 : 00ANAK MINANG CERIA
10 : 00SUMATERA BARAT HARI INI
11 : 00LENSA OLAH RAGA
12 : 00LANGGAM MELAYU
13 : 00PADULI BASAMO
13 : 30BRIZIK
14 : 00CERITO LAPAU
15 : 00PADULI BASAMO
15 : 30HIBURAN
16 : 00SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00RANDAI
18 : 00NADA ISLAMI
18 : 30JEJAK ISLAMI
19 : 00MELODI NOSTALGIA
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Limapuluh Kota20 Oktober 2016 - 12:08 WIB
Hama Wereng Menyebar Di 354 Hektar Sawah
Hama Wereng Menyebar Di 354 Hektar Sawah

Reporter : Edward • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Gagal panen yang dialami petani di tiga Kenagarian Di Koto Tangah Batu Hampa karena adanya serangan hama wereng mulai meyebar kesejumlah kecamatan yang ada di Kab. 50 Kota. Akibat serangan hama wereng tersebut, ratusan petani mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Padi yang seharusnya sudah bisa dipanen, kini hanya dibiarkan oleh petani tetap berada di persawahan. Kondisi padi menguning, namun buahnya hampa membuat petani tidak lagi bersemangat untuk melakukan panen. Selain menyebabkan buah padi menjadi hampa, serangan hama wereng juga menyebabkan batang padi menjadi kehitaman.

Semula tanaman padi yang mulai menguning sedikit demi sedikit mulai rusak dengan penampakan warna kecoklatan seperti padi yang usianya sudah matang padi yang semula tampak seperti siap panen ternyata bulir buahnya belum berisi.

Menurut Dinas Pertanian, hama wereng tersebut menyebar ke kecamatan lainnya, diantarannya di Kecamatan Mungka, namun upaya pemberatasan hama wereng telah dilakukan.

Serangan wereng saat ini melumpuhkan produksi pertanian sebagian masyarakat. Dinas Pertanian juga menyebut serangan tersebut juga disebabkan pola tanam petani yang salah. Selain kuantitas dan kualitas hasil panen menurun, para petani harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menanggulangi serbuan hama tersebut.

Umumnya hama wereng yang menyerang tanaman padi ketika padi tersebut hampir di panen. Batang, daun serta bulirnya kering dan mati. Proses penyebaran hama tersebut juga sangat cepat.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa