LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Rabu, 08 Juli 2020

16 : 05SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00RANDAI
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Pasaman Barat20 Oktober 2016 - 11:59 WIB
Pengoperasian Pelabuhan Teluk Tapang Terkendala Jalan
Pengoperasian Pelabuhan Teluk Tapang Terkendala Jalan

Reporter : Andika/Andika • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Meski sudah menghabisan puluhan bahkan ratusan miliar rupiah untuk pembangunan Pelabuhan Teluk Tapang di Nagari Aia Bangih Kabupaten Pasaman Barat, namun hingga saat ini pelabuhan tersebut belum bisa dioperasikan.

Pengoperasian tersebut terkendala karena belum siapnya jalan menuju pelabuhan, sejauh ini pembangunan baru berkisar tiga puluh persen dari total keseluruhan jalan. Pemerintah daerah merencanakan pembangunan tersebut rampung dalam waktu tiga tahun kedepan.

Bupati Pasaman Barat Syahiran saat melakukan kunjungannya ke lokasi menilai pelabuhan tersebut sangat potensial dan bisa mempermudah dalam pendistribusian hasil olahan bumi Pasaman Barat seperti CPO dan dipastikan dapat mendongkrak perekonomian Pasaman Barat.

Untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jalan menuju lokasi, pemerintah daerah akan meminta seluruh perusahaan yang ada di Pasaman Barat membuat konsorsium untuk penggunaan pelabuhan tersebut sebagai sarana pendistribusian hasil pengolahan CPO dan hasil bumi Pasaman Barat.

Setiap tahun pemerintah daerah terus menganggarkan dana, untuk pembangunan pelabuhan tahun ini saja terdapat sekitar dua puluh miliar dana APBD untuk pembangunan jalan menuju pelabuhan.

Sementara itu Wakil Gubernur Nasrul Abit mengatakan, pemerintah provinsi akan mendorong dan mengusahakan pengoperasian pelabuhan tersebut dalam waktu dekat. Pasalnya dengan beroperasi pelabuhan tersebut dalam mengurangi kerusakan jalan provinsi dan memperpendek jarak tempuh kendaraan barang serta mengurangi resiko kecelakaan di jalan.

Pemerintah berharap masyarakat dan tokoh masyarakat setempat dapat bekerjasama dalam penyelesain pembangunan tersebut, sebab selama ini kendala izin lokasi jalan yang melewati kawasan hutan lindung sudah mendapatkan izin dari Kementerian Kehutanan, artinya saat ini pemerintah hanya memikirkan cara penyelesaian pembangunan jalan saja.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa