Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Selasa, 25 September 2018

Rangkaian acara pada hari Selasa, 25 September 2018 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,0SR
23-Sep-18 10:09:36 WIB
Kedalaman 10 Km
123 Km Southwest Ternate-malut
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Daerah18 Oktober 2016 - 06:58 WIB
longsor di sejumlah badan jalan di Pesisir Selatan dan Solok.
longsor di sejumlah badan jalan di Pesisir Selatan dan Solok.

Reporter : REDAKSI • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Hujan deras disertai angin kencang  yang mengguyur Sumatera Barat beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor di sejumlah badan jalan di Pesisir Selatan dan Solok. Akibatnya arus transportasi kendaraan  tertutup  hingga lebih dari 4 jam. Beberapa titik kawasan perbukitan jalan Padang - Painan Kabupaten Pesisir Selatan rawan longsor sejak  hujan beberapa hari terakhir. Longsor terpantau di kilometer 36 menjelang perbatasan Kota Padang tepatnya kawasan Siguntur, Kecamatan Koto Sebelas Tarusan.

Material longsor sebelumnya sempat menghambat badan jalan sejak hujan lebat yang terjadi jumat malam lalu, dan menganggu kelancaran transportasi di kawasan tersebut. Karena dipicu hujan yang cukup lebat, dan jauh dari jangkauan alat berat,  membuat tumpukan material longsor berupa batu dan lumpur baru bisa di bersihkan setelah beberapa jam kemudian. Untuk memperlancar transportasi, pemuda setempat berupaya membersihkan material tanah yang menimbun badan jalan. Sementara itu di jalur Padang – Solok longsor memutus transportasi lebih dari 4 jam, akibat diterjang longsor di daerah Panorama Dua. Namun jalan penghubung antar Kabupaten Solok dengan Kota Padang tersebut sudah bisa di lalui roda dua dan empat saat ini. Meski sisa material longsor masih bertumpuk di bahu jalan, kondisi lalu lintas di daerah tersebut sudah mulai normal. Mengantisipasi kecelakaan lalu lintas,  para pengendara roda dua dan empat harus tetap berhati-hati terutama ketika melawati jalur ini karna kondisi jalan yang sangat licin.

Selama ini jalur Padang Solok juga di kenal rawan kecelakaan lalu lintas, selain jalannya yang sangat terjal, daerah ini juga  merupakan rawan longsor terutama di guyur hujan deras. Bencana longsor yang kerap melanda kawasan jalur lintas antar kabupaten kota membuat para pengendara atau masyarakat harus lebih berhati-hati jika melewati kawasan yang rawan.

Dari pengamatan yang dilakukan Forum Pengurangan Resiko Bencana, longsor yang terjadi karena hujan deras ini, kerap melanda kawasan yang sama di sejumlah wilayah di Sumatera Barat. Beberapa kawasan tersebut diantaranya Solok, jalur Padang – Solok, jalur lintas Padang – Padang Panjang, Kabuapten Pesisir Selatan, Malalak, serta beberapa kawasan lainnya.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat