Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

Transaksi Di Indonesia Wajib Gunakan Rupiah

TVRI Sumatera Barat • Kota Padang18 Oktober 2016 - 06:50 WIB

Transaksi Di Indonesia Wajib Gunakan Rupiah

Reporter : HARMALIA CAHYANI • Editor : Redaksi Berita

 

Terkait mulai banyaknya wisatawan asing datang ke Indonesia, dan disejumlah daerah perbatasan, Bank Indonesia meminta setiap transaksi yang dilakukan oleh siapa saja di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus menggunakan rupiah. Untuk itu, Bank Indonesia menghimbau seluruh masyarakat agar memperlakukan rupiah dengan baik sebagai alat untuk bertransaksi.

Bank Indonesia menegaskan uang rupiah merupakan lambang kedaulatan negara yang memiliki status setara dengan bendera merah putih serta lagu kebangsaan indonesia raya. Oleh sebab itu, transaksi yang dilakukan oleh siapa saja yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus menggunakan rupiah.

Menurut Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia kasus lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan di Selat Makassar beberapa waktu lalu disebabkan didaerah tersebut tidak ditemukan mata uang rupiah. Oleh sebab itu, Bank Indonesia menegaskan transaksi yang dilakukan di Indoensia wajib menggunakan rupiah.

Selain itu, Bank Indonesia berharap masyarakat untuk memperlakukan rupiah dengan baik, yakni dengan cara tidak meremas, melipat dan mencoret, sebab biaya mencetak dan menjaga kondisi uang rupiah tersebut cukup mahal.

 

Info Covid-19

 

Sosial Media

Instagram

Youtube

Facebook

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat