Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

BULAN RAMADAN, VAKSINASI LANSIA DI MASJID

Kontributor DaerahKesehatan 01 Mei 2021 JAM 06:24:38 WIB

Rendahnya partisipasi vaksinasi masyarakat lansia di wilayah Pesisir Selatan membuat Dinas Kesehatan setempat untuk berinovasi dan bergerak lebih aktif melakukan upaya vaksinasi. Rencananya di dalam bulan Ramadhan ini, vaksinasi akan dilakukan di masjid-masjid. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Kadriadi mengatakan, untuk menambah angka partisipasi masyarakat lansia untuk bisa disuntik vaksin Covid-19, pihaknya bersama jajaran Puskesmas merencanakan untuk melakukan vaksinasi khusus lansia di masjid-masjid.

Kadriadi berharap, langkah dan upaya itu bisa meyakinkan masyarakat begitu pentingnya vaksinasi dilakukan untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19. Dalam pemberian vaksin, Dinas Kesehatan juga akan memerintahkan langsung kepada vaksinator agar mendatangi masjid, dimana masjid juga merupakan paling banyak dikunjungi oleh masyarakat lansia. Meski demikian, untuk tahap awal, Dinkes akan memberikan satu kecamatan sebagai percontohan, jika berhasil dan partisipasi vaksinasi lansia meningkat, maka vaksinasi lansia bisa dilanjutkan seterusnya oleh setiap Puskesmas lain di Pesisir Selatan. Untuk percontohan awal, Dinas Kesehatan setempat akan melaksanakan di kecamatan iv jurai.

Kadriadi menjelaskan sejak vaksinasi tahap 2, tarmen 2 diprioritaskan untuk lansia, hinga kini yang telah disuntik vaksin sebanyak 80 orang, pihaknya mengoptimalkan agar di sisa bulan Ramadhan ini, vaksinasi lansia bisa meningkat di masjid-masjid.

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat