Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

LELANG SINGGANG AYAM TRADISI MASYARKAT SAAT RAMADHAN

Kontributor DaerahSerba serbi Ramadhan 01 Mei 2021 JAM 06:09:01 WIB

Lelang singgang ayam, suatu tradisi yang masih dilaksanakan masyarakat Solok Selatan, dalam mencari sumbangan untuk pembangunan masjid atau mushalla. Lelang singgang ayam ini dapat dijumpai saat musabaqah tilawatil qur’an atau MTQ tingkat nagari saat bulan Ramadhan kabupaten Solok Selatan. Kegiatan yang biasanya dilakukan tiap tahun ini, merupakan sebuah momentum bagi para perantau yang mudik dan merayakan  lebaran dikampung halaman, untuk menunjukan eksistensinya dalam membangun kampung.

Wali nagari pasar Muara Labuh, Efrizal mengatakan, kegiatan ini sebagai pemersatu dan mempererat tali silaturrahmi masyarakat antar nagari. Biasanya saat kegiatan ini digelar pemuda dan masyarakat dari nagari tetangga akan datang ke lokasi perlombaan MTQ  demikian juga sebaliknya, hal ini telah menjadi tradisi saling mengunjungi.

Uang yang terkumpul dari lelang atau penjualan singgang ini, akan dipergunakan untuk pembangunan mesjid atau mushalla tepat kegiatan berlangsung, dan ini diyakini masyarakat setempat sebuah kesempatan untuk membantu pembangunan masjid. Lelang singga ayam ini juga merupakan salah satu sarana untuk membangun masjid dan sekaligus pemeriah kegiatan MTQ, selain itu kegiatan ini juga merupakan sebuah kearifan lokal yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Agar tradisi ini tetap terjaga, kegiatan ini terus digalakan dan digelar setiap tahunnya, hampir diseluruh masjid yang ada di Solok Selatan, dengan demikian tetap dilestarikannya tradisi ini serta dapat mempertahankan rasa kebersamaan. Kegiatan ini merupakan, cara orang-orang dahulu untuk mengumpulkan dana pembangunan masjid, serta sebuah upaya pemersatu masyarakat dengan menjalin tali silaturahmi.

Wartawan : DIKY LESMANA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat