Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

8 RIBU LEBIH YANG DIVAKSIN, KIPI HANYA 0.79 PERSEN

TVRI Sumatera BaratKesehatan 16 April 2021 JAM 06:13:57 WIB

Hingga hari ini M. Djamil Padang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 8.700 orang.

Dari 8.000 lebih yang divaksin, hanya 0.79 % yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) ringan. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) selama proses vaksinasi Covid-19 di RSUP M. Djamil Padang hanya 0.79 % dari total yang sudah divaksin sebanyak 8.700 orang. Gejala KIPI nya pun terbilang ringan. Ini disampaikan oleh koordinator lapangan vaksinasi Covid-19 RSUP M. Djamil Padang. Gejala yang dialami oleh peserta vaksinasi tidak serius seperti mual, kesemutan, alergi gatal dan jantung berdebar.

Salah seorang peserta vaksinasi tahap II yang mengalami alergi gatal setelah menjalani vaksin pertama beberapa minggu sebelumnya  mengaku sebelumnya juga sudah mempunyai riwayat alergi terhadap obat generik tertentu. Namun setelah menerima vaksin pertama, alergi gatal muncul kembali.

Hari ini, sebelum menerima vaksin kedua, staf dari dinas koperasi Kota Padang ini terlebih dahulu di suntik dan menunggu kurang lebih 20 menit untuk mengetahui seberapa besar efek alergi yang dipunyai.  Jika masih bisa diatasi, vaksinasi lanjutan tahap II akan tetap diberikan, namun jika bereaksi, vaksinasi tahap II dipending dahulu. M. Djamil melayani vaksinasi tahap II dengan serangkaian proses dan tahapan vaksinasi tetap dijalani seperti verifikasi sasaran, Screening oleh tim dokter, penyuntikan vaksin, dan Observasi 30 menit.

 

Wartawan : DELIMA, NURUL QALBI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat