Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Incenerator Rusak, Limbah RSUD Pariaman Menumpuk

Kontributor DaerahKesehatan 09 Oktober 2016 JAM 15:42:39 WIB

Beginilah kondisi limbah medis atau sampah sisa pemakaian medis Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman yang menumpuk dibagian belakang rumah sakit. Terlihat tumpukan limbah medis dari berbagai rumah sakit, puskesmas, klinik dan dinas kesehatan yang biasanya dibakar di RSUD Pariaman ini menumpuk sejak satu bulan terakhir. Kondisi tersebut terjadi akibat cerobong incenerator atau alat pembakar limbah medis RSUD Pariaman rusak.

Pihak rumah sakit sendiri pun mengaku telah berupaya mencari tenaga ahli untuk memperbaiki benda pembakar limbah medis tersebut, namun pihak rumah sakit mengaku kesulitan mencari perusahaan pengelola yang profesional karena perbaikan incenerator memiliki risiko besar dalam pengerjaan.

Jika tidak secepatnya diperbaiki, dikhawatirkan sampah sisa pemakaian medis tersebut akan berdampak buruk terhadap kesehatan pasien maupun warga sekitar rumah sakit akibat  polusi udara yang tidak sehat.

Karena sampah tersebut mengandung racun, virus dan bakteri sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan.

Pihak rumah sakitpun mengakui bahwa sejak mesin tersebut mengalami kerusakan pihak RSUD setempat telah menolak sampah medis dari rumah sakit, klinik, puskesmas yang ada di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Wartawan : Maqri Nelvi Lubis
Editor : Teknis


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat