Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

HARIMAU DAHAN DITANGKAP BKSD

Kontributor DaerahLingkungan 07 Maret 2021 JAM 06:41:11 WIB

Meresahkan, seekor harimau dahan yang masuk perkampungan di Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Kecamatan Luak berhasil ditangkap menggunakan perangkap. Harimau atau macan dahan itu sebelumnya meresahkan masyarakat sekitar karena memangsa beberapa ekor ternak jenis kambing. Seekor macan dahan yang memangsa 5 ekor kambing milik masyarkat berhasil ditangkap oleh badan konservasi sumber daya alam (BKSDA) Resor Limapuluh Kota. Setelah berhasil ditangkap menggunakan perangkap,hewan tersebut dibawa ke kantor BKSDA untuk selanjutnya dilepas liarkan kembali.

Meski berhasil menangkap seekor macan dahan, namun diperkirakan masih terdapat macan dahan lainnya yang berkeliaran. Untuk itu masyarakat diminta ikut berjaga-jaga dengan melakukan bunyi-bunyian, sehingga macan dahan lainnya tidak masuk ke perkampungan masyarakat. Sementara seekor macan dahan yang tertangkap akan dilepas di kawasan konservasi yang ada di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota karena kondisi dari macan itu masih sehat.

Sebelumnya diketahui ada hewan buas yang memangsa ternak warga berapa waktu lalu. Hal itu diketahui ketika pemilik ternak melihat leher hewan ternaknya seperti digigit oleh binatang buas. Warga yang pemilik ternak yang mati selama dua hari berturut-turut itu melaporkan kejadian tersebut ke Aparatur Nagari dan ditindak lanjuti langsung oleh BKSDA.
Lokasi tersebut berada di kawasan perkebunan warga di ateh Padang, hanya berjarak sekitar 1 kilometer ke arah barat dari pemukiman warga, namun berada tepat di kawasan hutan di pinggir gunung sago, sehingga sangat memungkinkan menjadi tempat bersembunyi dan jadi habitat sejumlah satwa liar.

Sebelumnya menurut warga, beruang madu juga pernah tersesat masuk kedalam pemukiman warga dan lahan pertanian petani.

 

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat