Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

PACU JAWI PERDANA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Kontributor Daerah • Kabupaten Tanah Datar05 Maret 2021 - 06:32 WIB

PACU JAWI PERDANA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Reporter : ERICKA • Editor : Redaksi Berita

 

Setelah satu tahun terhenti, alek nagari pacu jawi di Tanah Datar kembali dilaksanakan. Ditengah pandemi Covid-19, event tradisional ini  wajib menegakan protokol kesehatan kepada penonton yang hadir. Ditengah pandemi Covid-19, pemerintah kabupaten Tanah Datar mengizinkan pelaksanaan event tradisional pacu jawi. Event tersebut sempat dihentikan sementara waktu, karena kecemasan timbulnya cluster baru dari kerumunan penonton.

Meski diizinkan, pelaksanaan pacu jawi mesti mematuhi perda nomor 6 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru, dimana penonton wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Jika terbukti melanggar, pemerintah akan mencabut kembali rekomendasi pelaksanaan kegiatan yang telah diterbitkan.

Kadisparpora Tanah Datar mengaku, jika rekomendasi pelaksanaan event pacu jawi diberikan atas permintaan organisasi dan pemilik sapi pacuan. Meski demikian, pelaksanaan pacu jawi perdana ini, akan kembali dievaluasi oleh satgas Covid-19 kabupaten Tanah Datar. Antisipasi penyebaran Covid-19 di arena pacu jawi, terlihat panitia ada menyediakan tempat cuci tangan, dan memberdayakan Linmas untuk mengingatkan pengunjung untuk selalu menggunakan masker. Namun sayang, didalam arena pacuan jawi, tidak ada sosial distancing atau jaga jarak antar penonton.

Sosial Media

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat