Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

BAWASLU DORONG LAHIRNYA MAHKAMAH PIDANA PEMILU

Kontributor Daerah • Kota Payakumbuh26 Februari 2021 - 06:56 WIB

BAWASLU DORONG LAHIRNYA MAHKAMAH PIDANA PEMILU

Reporter : EDWARD • Editor : Redaksi Berita

 

Meski pelaksanaan pemilihan Gubernur-Wakil Sumatera Barat tahun 2020 lalu berjalan dengan lancar, kedepan Badan Pengawas Pemilu Kota Payakumbuh berharap akan lahir Mahkamah Pidana Pemilu yang akan menangani secara cepat semua dugaan Pidana Pemilu yang telah diproses oleh Bawaslu.

Bawaslu Kota Payakumbuh mendorong lahirnya Mahkamah Pidana Pemilu agar semua dugaan pidana yang ditangani oleh Bawaslu bisa segera cepat ditangani tanpa menunggu lembaga lain yang juga memiliki kewenangan dalam memproses dugaan pidana pemilu. Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu Payakumbuh agar kedepan pelaksanaan pengawasan pemilu bisa menjadi lebih baik.

Dalam pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur tahun 2020 lalu, Bawaslu juga mencatat sejumlah hal yang juga harus ditingkatkan jajaran pengawasan kedepannya, sehingga pelaksaan setiap tahapan Pilkada, Pileg bisa berjalan lebih baik.

Kehadiran Mahkamah Pidana Pemilu kedepannya menurut Ketua Bawaslu Payakumbuh akan mempercepat proses kerja Bawasalu dalam hal menindak lanjuti adanya dugaan pidana pemilu. Lahirnya Mahkamah Pidana Pemilu dinilai hal penting dalam membangun Demokrasi melalui proses pengawasan.

Sebelumnya dalam pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar serta pemilihan Bupati tahun 2020 lalu, di Payakumbuh terdapat sejumlah dugaan pelanggaran. Dalam menindak lanjuti hasil dugaan pelanggaran itu menurut Bawaslu pihak masih terkendala karena terkait dengan lembaga lain.

Untuk itu Bawaslu berharap kedepan dalam memproses dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu yang telah dilakukan oleh pihaknya dapat diteruskan atau diputus oleh Mahkamah Pidana Pemilu.

Sosial Media

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat