Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

KUOTA PUPUK BERSUBSDI BERKURANG

Kontributor Daerah • Kabupaten Solok selatan22 Februari 2021 - 06:21 WIB

KUOTA PUPUK BERSUBSDI BERKURANG

Reporter : DIKY LESMANA • Editor : Redaksi Berita

 

Dinas pertanian Solok Selatan mencatat, pada tahun 2021 ini kuota lima jenis pupuk bersubsidi untuk masyarakat petani didaerah itu mengalami pengurangan hampir 40% dari kuota tahun sebelumnya, hal ini berdampak langkanya pupuk bersubsidi dipasaran.

Lima jenis pupuk bersubsidi tersebut, Urea, NPK Ponska, SP tiga enam, ZA dan Organik Granul, pengurangan kuota pupuk bersubsidi ini berimbas terhadap penurunan hasil panen petani. Kepala Dinas pertanian Solok Selatan, Del Irwan mengatakan, pada tahun ini Solok Selatan mendapatkan kuota pupuk bersubsidi sebanyak 5714 ton, kuota ini berkurang dari tahun sebelumnya sebanyak, 9247ton, atau berkurang hampir 40%.

Jika dilihat dari kebutuhan pupuk bersubsidi di Solok Selatan berdasarkan, sistem elektronik rencana deffenitif kebutuhan kelompok pada tahun2021 ini, dibutuhkan sebanyak 19144 ton, namun, yang terpenuhi hanya 5714ton. Untuk kuota pupuk subsidi yang paling terbanyak mendapat pengurangan yakni, jenis pupuk urea dari 2377 ton pada tahun sebelumnya, menjadi 1912 ton, kemudian jenis pupuk npk ponska dari 3525 ton, menjadi 2258 ton.

Untuk menyikapi kekurangan pupuk ini, dihimbau kepada petani untuk memanfaatkan pupuk organik, seperti pupuk kandang, kompos, jerami, dan pupuk yang berasal dari tumbuhan alam yangg bisa menjadi pengganti kelangkaan pupuk.   

Sosial Media

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat