Loading...

NEWS

#mediapemersatubangsa

DONOR DARAH MASSAL

Kontributor Daerah • Kabupaten Pasaman Barat21 Februari 2021 - 06:36 WIB

DONOR DARAH MASSAL

Reporter : ANDIKA • Editor : Redaksi Berita

 

Membantu stok dan pemenuhan kebutuhan darah, di UTD PMI Kabupaten Pasaman Barat, Pemerintah Kecamatan Gunung Tuleh dan PMI gelar donor darah masal. Dengan memperhatikan protokol Covid-19, donor darah massal itu berhasil mengumpulkan 20 kantong darah, yang sebagian besar dari pendonor baru. Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Pasaman Barat mengparesiasi, masyarakat pendonor baru yang ikut dalam donor darah massal di Kecamatan Gunung Tuleh. Aksi sosial tersebut, berhasil mengumpulkan sekitar 20 kantong darah, yang sebagian besar berasal dari pendonor baru.

Petugas PMI, mencatat, banyak pemuda dan pelajar yang dengan suka rela datang, dan mendonorkan darah mereka diacara tersebut. Kesedaran itu tumbuh, seiring dengan maraknya sosialisasi dan keinginan membantu sesama, di tengah tingginya permintaan darah di Pasaman Barat. Pengurus PMI Kabupaten Pasaman Barat Dokter Ramayanti mengatakan, selama menggelar donor darah, tim tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat. Tim yang terlibat dan calon pendonor tetap menjalin komunikasi dan screning sebelum mendonorkan darah.

PMI mengapresiasi selain tingginya kesadaran masyarakat dan upaya keras dari Pemerintah setempat, untuk saling membantu, terutama mendonorkan darah. PMI berharap kedepan masyarakat secara umum tetap bisa membantu, dan aktif mendonorkan darah, karena permintaan darah di Pasaman Barat terus naik, mencapai angka 300 kantong lebih setiap Bulannya. PMI mengaku, selain berhasil mengumpulkan sekitar 20 kantong darah, tim juga melakukan pemeriksaan golongan darah masyarakat. Bahkan beberapa diantara pendonor batal mendonorkan darah karena beberapa alasan.

Sosial Media

 

News

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat