Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Jum'at, 24 November 2017

Rangkaian acara pada hari Jum'at, 24 November 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,5SR
22-Nov-17 08:11:23 WIB
Kedalaman 77 Km
45 Km Southeast Bolaangmongondowtmr-sulut
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang22 September 2016 - 07:53 WIB
Gubernur permudah izin PLTM/H
Gubernur permudah izin PLTM/H

Reporter : Atfriandi • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Sumatera Barat memiliki banyak potensi energi hijau PLTM dan PLTMH dikarnakan letak geografis Sumatera Barat. Untuk memanfaatkan potensi yang ada,Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengapresiasi langkah prakarsa jaringan cerdas Indonesia (PJCI) dalam mengelola jaringan listrik guna mengawasi serta mengelola distribusi listrik dari segala sumber agar dapat memenuhi semua jenis kebutuhan listrik. 

Banyaknya aliran sungai merupakan suatu potensi energi listrik yang bisa diproduksi dari skala Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Agar potensi besar ini dapat dirasakan oleh masyarakat Gubernur Sumatera Barat memberikan kemudahan kepada pengelola PLTM dan PLTMH untuk mengelola potensi air ini supaya dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

PLTM dan PLTMH yang banyak dikelola oleh swasta  menjadikan Sumatera Barat sebagai lumbung energi hijau yang lebih banyak menghasilkan listrik. Pentingnya dukungan swasta dalam mengelola PLTMH dan PLTM karna pemerintah tidak akan mampu mengelola potensi yang ada untuk dimanfaatkan masyarakat. Dalam  forum diskusi sukses membangun dan mengelola PLTM/H Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyatakan pemerintah dan swasta harus bekerjasama. Saat ini Provinsi Sumatera Barat telah mengeluarkan 27 ijin kelola PLTM/H dan sekitar 82 ijin prinsip. Namun dari fakta dilapangan baru 4 yang baru bisa berjalan karna berbagai kendala. Sebagai energi baru yang terbarukan pemerintah Provinsi Sumatera Barat minta dukungan pihak swasta untuk mengelola dan meningkatkan kerja sama seluruh stakeholder.

Melalui forum diskusi sukses membangun dan mengelola PLTM/PLTMH Ketua Pembina Pjci Eddie Widiono berharap dapat mengenal dan memetakan resiko serta meminimalisir resiko. Sementara itu GM PLN wilayah Sumatera Barat Supriyadi menyatakan semua yang dihasilkan PLTM dan PLTMH dapat disalurkan dan mengenai harga semuanya sama dengan seluruh indonesia karna telah sesuai permen yang ada. Dengan diadakan forum diskusi ini diharapkan Sumatera Barat bisa menjadi lumbung PLTM dan PLTMH.

 

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat