LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Minggu, 09 Agustus 2020

16 : 05SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00SENI TRADISI
17 : 30SENI TRADISI
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Pasaman Barat20 Juli 2020 - 14:03 WIB
Tradisi Mengambil Ikan Larangan
Tradisi Mengambil Ikan Larangan

Reporter : ANDIKA / ANDIKA • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Tradisi mengambil ikan larangan di kabupaten pasaman barat masih tetap dipertahankan selain hobi bagi sejumlah masyarakat kegiatan tersebut juga langkah menggalang dana dan ajang silaturahmi.

Puluhan masyarakat menggunakan alat tangkap ikan manual dan ramah lingkungan secara bersama sama turun ke sungai untuk menangkap ikan dan dikumpulkan di satu tempat, sebelum di masak dan dibagi sesama anggota dan masyarakat sekitar.

Seorang masyarakat witdra mengatakan tradisi mengambil ikan larangan ini sebagai ajang silaturahmi dan melepas hobi serta menggalang dana untuk masjid atau kegiatan sosial lainnya sebab sebelum acara di mulai, peserta akan dikenakan biaya.

Di batang tian sendiri biasanya pengurus masjid dan pemuda membuka ikan larangan satu kali dalam satu tahun, banyaknya jumlah ikan membuat banyak masyarakat yang ikut serta dalam pengambilan ikan larangan secara bersama sama. Masyarakat berharap kedepan tradisi ini bisa dipertahankan, selain mendapatkan ikan tradisi ini bisa menjaga kelestarian ikan dan ekosistem sungai setelah pengambilan ikan larangan dana yang terkumpul bisa digunakan untuk pembangunan masjid atau kegiatan sosial lainnya.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa