Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

RS UNAND Bisa Deteksi Covid 19 Dalam 24 Jam

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 19 Maret 2020 JAM 06:19:03 WIB

Tim labor di Rumah Sakit Universitas Andalas bisa mendeteksi Covid 19 dalam 24 jam pemeriksaan. Hal ini bisa diwujudkan jika Reagen untuk mendeteksi  Covid 19 telah tersedia di Labor Fakultas Kedokteran UNAND.

Tim Labor di Rumah Sakit Universitas Andalas menyanggupi bisa melakukan uji sampel pasien dengan ciri mengarah ke Covid 19 dalam waktu 24 jam. Hal ini telah ditegaskan oleh tim labor dan dekan fakultas kedokteran UNAND Kepada wakil Gubernur Sumatera Barat. Hasil pemeriksaan pasien terduga Covid 19 bisa segera diketahui tana harus menunggu hasil Labor di Jakarta.

Namun hal ini bisa terlaksana jika Reagen atau Eraktan untuk mendeteksi Covid 19 telah tersedia di Labor  Fakultas Kedokteran UNAND. Direktur utama Rumah Sakit UNAND meyakini kesanggupan tim labor  tersebut karena tim dari FK UNAND merupakan tim yang berkompeten. Untuk itu kini pihaknya berupaya meminta izin ke Litbangkes  melalui Wakil Gubernur Sumbar agar Reagen bisa tersedia di Rumah Sakit UNAND. Dengan adanya Reagen bisa dilakukan pemeriksaan terhadap Skrutum atau tenggorokan pasien.

Sampel diektraksi terlebih dulu untuk mendapatkan RNA agar dapat Dieraskikan dengan Reagen. Direktur utama Rumah Sakit UNAND mengatakan labor Dijakarta pun sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama utuk melakukan uji sampel. Tapi karena banyaknya sampel dari seluruh Rumah  Sakit di Indonesia yang harus di uji sehingga tidak bisa dilaksanakan dengan segera.

Wartawan : NOVIKA/ ATFRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat