Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Sabtu, 21 Oktober 2017

Rangkaian acara pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,0SR
20-Oct-17 04:18:43 WIB
Kedalaman 25 Km
23 Km Southwest Kab-simeulue-aceh
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Nasional06 September 2016 - 06:54 WIB
JK dianugrahi gelar doktor kehormatan dari Unand
JK dianugrahi gelar doktor kehormatan dari Unand

Reporter : MAQRI NELVI L / TUA SAMAN • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Wakil presiden republik indonesia Muhammad Jusuf Kalla  dianugrahi  gelar doktor kehormatan honoris causa dalam bidang hukum pemerintahan daerah  dari Universitas Andalas Padang, gelar ini diberikan karena wapres Jusuf Kalla di nilai banyak berjasa.
Dalam pidato penganugrahan gelar doktor kehormatan Dr.Hc kepada Muhammad Jusuf Kalla, tim promotor yakni Profesor Doktor Saldi Isra Sh, Profesor Doktor Todung Mulya Lubis Sh llm dan Profesor Doktor Elwi Danil Sh Mh menjelaskan sejumlah kelayakan akademik pemberian gelar doktor kehormatan tersebut. Di bidang hukum, wapres yang sudah dua kali menjabat ini berperan dalam pembentukan ketetapan MPR NO XV / MPR / 1998 tentang penyelenggaraan otonomi daerah, pengaturan, pembagian dan pemanfaatan sumber daya nasional yang berkeadilan, serta perimbangan keuangan pusat dan daerah dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia.

JK juga  di nilai menjadi inspirasi banyak pemimpin dalam membina  hidup damai  karena sukses memediasi perdamaian di aceh pasca gagalnya cessation of hostalities famework agreement dan join counchil di tokyo 2003. JK juga berjasa dalam perundingan helsinki dan undang undang nomor 11 tahun 2006 tentang pemerintahan aceh, keberagaman aturan hukum, membumikan desentralisasi asimetris demi meneguhkan NKRI.

Dalam pidato upacara  tersebut,  wapres Jusuf Kalla mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Universitas Andalas yang telah berkenan menganugrahkan gelar doktor kehormatan tersebut. Menurut JK, otonomi daerah adalah perubahan fundamental yang berjalan seiring dengan  demokrasi dan kebebasan pers.

Sebagai orang yang lahir dan dibesarkan didaerah, JK sangat memehami bahwa secara esensial otonomi daerah adalah martabat, kewenangan dalam mengelola sumber daya alam, pengambilan keputusan  dan lainnya.  Adanya asusumsi otonomi daerah melemahkan persatuan dan kesatuan dibantah langsung oleh wapres, otonomi daerah justru dapat menjaga, merawat, melanjutkan kemajemukan secara efektif  dan  mencerminkan kebhinekaan tunggal ika. Namun suskesnya otonomi daerah yang sudah berjalan 15 tahun terakhir  sangat di tentukan sdm, perencanaan, peleksanaan dan kontrol  yang  baik  serta standarisasi nasional.  Ditegaskan JK, dari semua penjelasan yang ada, sistem pemerintahan apapun yang di gunakan negara dan daerah, kualitas pemimpin dan kepemimpinanlah yang menentukan.

Jika pemimpin sudah dijadikan teladan, maka rakyat tanpa diminta  juga akan ikut dengan iklas. Popularitas pemimpin menurut JK sangat penting, namun lebih penting lagi kualitas serta pengetahuan tentang ciri daerah masing – masing. Sesuai peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan nomor 21 tahun 2013, gelar doktor kehormatan diberikan perguruan tinggi kepada orang yang dianggap berjasa dan berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan, kemanusiaan dan lainnya. Penganugrahan gelar Dr. Hc  dalam bidang hukum pemerintahan  daerah kepada Muhammad  Jusuf Kalla dalam rapat senat terbuka, .gelar doktor honoris causa ini merupakan anugerah ke 8 yang di terima  wakil presiden. Penganugrahan juga  dalam  rangka peringatan lustrum ke 13  atau ulang tahun ke 65 Fakultas Hukum Universitas Andalas.   

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat