Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Pasca Banjir Warga Mulai Bersihkan Rumah

Kontributor DaerahBencana Alam 15 Maret 2020 JAM 06:17:09 WIB

Pasca bencana banjir bandang melanda di Nagari Batu Kambiang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, membuat delapan unit rumah digenangi lumpur. Sehingga membuat warga terpaksa membersihkan rumah mereka dari material lumpur.

Beginilah aktifitas masyarakat Jorong Kamparcan, Nagari Batu Kambiang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam. Pasca bencana banjir bandang. Delapan unit rumah terkena banjir. Membuat perabot beserta peralatan rumah tangga mereka rusak dan hanyut. Lumpur tebal memenuhi lantai rumah korban banjir bandang. Berbagai perabot, pakaian dan kasur tidak dapat diselamatkan. Karena kejadian sangat cepat dan hanya bisa menyelamatkan diri. Kasmawati, salah seorang korban mengatakan, air besar datang secara mendadak. Ketinggian air mencapai satu meter datang secara tiba-tiba dan membuat panik warga. Sungai sisalang biasanya memang sering terjadi air bah. Namun kondisi kali ini lebih besar dan berbahaya.

Air yang cepat merembes ke dalam rumah, membuat warga berhamburan menyelamatkan diri. Sehingga tidak ada seorang warga pun yang bisa menyelamatkan barang berharga, kecuali nyawa semata.

Kasmawati menambahkan, ketinggian air masuk ke rumah, hanya sekitar satu meter. Namun deras dan kuat air, membuat warga tidak berdaya. Beruntung banjir tidak berlangsung lama dan air cepat menyusut. Sehingga dapat kembali ke rumah, membersihkan perabot. Kejadian tersebut membuat trauma masyarakat. Dan berharap banjir bandang inin tidak terjadi lagi.

Wartawan : RUDI YUDISTIRA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat