LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Kamis, 06 Agustus 2020

16 : 04SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00PARLEMENTARIA
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Pasaman Barat02 Maret 2020 - 06:44 WIB
Kebakaran Lahan Sawit Meluas
Kebakaran Lahan Sawit Meluas

Reporter : ANDIKA / ANDIKAANDIKA / ANDIKA • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit di area Plasma Batang Alin Permai, Kecamatan Sungai Aur semakin meluas.  Meski tim gabungan berhasil memadamkan beberapa titik api namun akibat angin kecang dan panas, titik api baru muncul kembali dan memperluas area kebakaran.

Area kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit di Plasma Alin Permai, Kabupaten Pasaman Barat terus bertambah, petugas mengaku menemukan sejumlah titik api baru, di sekitar lokasi, hingga hari ini, petugas belum bisa memastikan berapa luas area yang terbakar, karena titik api muncul tidak merata, perkiraan awal, area yang terbakar lebih dari lima hectare. Tim gabungan BPBD, TNI, Polri yang sudah bekerja memadamkan api sejak jumat kemarin, terus memaksimalkan tenaga dan sarana yang ada, untuk memadamkan api, namun sulitnya sumber air dan kondisi lahan gambut membuat upaya pemadaman sedikit terkendala.

Kaltasa BPBD Pasaman Barat Edi Busti mengatakan, sejak jumat hingga satu siang, tim gabungan melakukan pemadaman menggunakan peralatan seadanya, termasuk dukungan sejumlah pompa air milik BPBD dan Damkar Kabupaten Pasaman Barat, namun upaya tersebut, terkendala sulitnya sumber air dan cuaca panas. Guna memutus penyebaran api, tim bekerjsama dengan perusahaan sekitar mendatangkan satu unit alat berat, untuk membangun sumur sebagai sumber air, dan membangun parit untuk melakukan isolasi terhadap lahan yang terbakar.

Hingga minggu pagi, puluhan personil gabungan masih bekerja memadamkan api di lokasi kebakaran, dan berharap masyarakat ikut membantu agar kebakaran tidak meluas ke lahan lain, disisi lain petugas juga berharap, bisa turun hujan sehingga mempermudah proses pemadaman api. BPBD meminta, masyarakat bisa melakukan langkah pencegahan agar tidak terjadi kebakaran, karena saat ini wilayah Pasaman Barat, sedang dilanda cuaca panas dan angin kencang, yang memungkinkan memicu terjadinya kebakaran lahan atau hutan di Pasaman Barat.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa