Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Sengketa Lahan SD N 10 Belum Tuntas

Kontributor DaerahLingkungan 02 Maret 2020 JAM 06:22:09 WIB

Halaman Sekolah Dasar Negeri 10 Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman yang sebelumnya ditanam warga pohon pisang, kini sudah mulai berbuah. Kondisi itu terjadi,belum adanya penyelesaian antara pemilik tanah dengan pihak nagari, kondisi itu membuat proses belajar mengajar disekolah itu terganggu.

Beginilah suasana Disekolah Dasar Negeri 10 Patamuan Kabupaten Padang Pariaman saat ini. terlihat halaman sekolah yang ditanami warga pohon pisang sejak lima bulan lalu, kini sudah berbuah, bahkan halaman sekolah tersebut tak ubah seperti kebun yang ditumbuhi tanaman yang tumbuh subur. Kondisi tersebut terjadi, karena warga yang mengaku sebagai pemilik tanah tidak terima pihak Pemkab Padang Pariaman dalam hal ini Dinas Pendidikan membuat sertifikat tanah sekolah tersebut, tanpa bermusyawarah dengan pemilik tanah.

Karena kecewa, warga yang mengaku sebagai pemilik tanah Sekolah SD Negeri 10 Patamuan itu menanam pohon pisang dan kelapa dihalaman sekolah tersebut. Akibatnya, proses belajar mengajar disekolah itu terganggu  karena belum adanya penyelesaian masalah tersebut.  Bahkan aktivitas siswa diluar kelas seperti olahraga, upacara bendera dan lainya tidak bisa dilaksanakan sejak halaman sekolah tersebut ditanami pohon. Desmawati, guru SDN 10 Patamuan, menyebut sempitnya area bermaian anak, berpengaruh terhadap psikologis anak.

Bahkan sejak halaman sekolah ditanami pohon pisang banyak anak-anak yang berkelahi. Bahkan kini sekolah tersebut tidak memiliki kepala sekolah, karena dimutasi kesekolah lain.  Pihak majelis guru dan siswa berharap, pihak terkait segera mencarikan solusi, agar permasalahan yang terjadi disekolah itu selesai. sehingga aktivitas belajar mengajar kembali lancar.

 

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat