Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Rabu, 26 September 2018

14 : 00SUMBAR SEKILAS
14 : 02BUKAN TALKSHOW BIASA
15 : 00BERITA RANAH MINANG
17 : 00AYO HIDUP SEHAT
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,4SR
26-Sep-18 16:27:45 WIB
Kedalaman 20 Km
69 Km Southeast Tambrauw-papuabrt
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kota Padang Panjang30 Agustus 2016 - 07:14 WIB
Kabut asap selimuti Padang Panjang
Kabut asap selimuti Padang Panjang

Reporter : Yansen • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Hari ini kota Padang Panjang kembali diselimuti kabut asap kiriman. Terulangnya kasus kabut asap ini  mengancam kesehatan warga yang mayoritas bekerja diluar rumah. Selain membuat jarak pandang menjadi pendek dari biasanya, bau bekas pembakaran lahan juga kian terasa menyengat. Kondisi ini mengancam  masyarakat yang mayoritas bekerja diluar rumah, seperti ISPA atau  Infeksi Saluran Pernafasan Akut.

Tahun lalu, jumlah penderita ISPA di Kota Padang Panjang   sangat signifikan, dari penderita akut, hingga penderita ISPA ringan yang nyaris dirasakan oleh  90 persen warga Kota kecil yang berjumlah 54 ribu jiwa ini. Ironisnya, kabut asap ini paling parah justru menghinggapi anak kecil dan orang tua.

Saat ini kategori ISPA yang diukur oleh Stasiun GAW-BMKG Bukit Koto Tabang masih dalam kondisi baik dengan konsentrasi pm10=13. Salah satu tempat yang paling jelas melihat fenomena kabut asap ini adalah puncak Merpati digunung marapi, Kabupaten Tanah Datar . Dari puncak ini,  hampir semua Kabupaten Kota khususnya yang berada di Sumatera Barat  bagian utara, dapat terlihat jelas.

Hampir di seluruh Kabupaten Kota mulai merasakan dampak terbakarnya ratusan hektar lahan di Kabupaten 50 Kota dan Dharmasraya seminggu terakhir. Setiap tahun pemerintah kecolongan membendung kelakuan buruk para pemilik tanah dalam membuka lahan.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat