Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Dalam Dua Hari Ke Depan Cuaca Kembali Normal

Kontributor DaerahIklim 26 Februari 2020 JAM 06:31:08 WIB

Fenomena angin kencang sejak kamis lalu membuat masyarakat di wilayah Sumatera Barat khawatir akan potensi bencana yang akan terjadi. BMKG Minangkabau Stasiun Kelas II Minangkabau menghimbau masyarakat untuk waspada bencana baik yang disebabkan saat hujan, angin kencang maupun cuaca cerah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Minangkabau memantau fenomena angin kencang  terjadi sejak kamis di wilayah Sumatera Barat khususnya daerah Pesisir dan bagian tengah Sumatera Barat atau bagian Bukit Barisan. BMKG menganalisa angin  berasal dari arah Timur Laut  dan  adanya pola arus udara turun meningkatkan percepatan dari kecepatan angin, dengan kondisi tersebut menyebabkan keadaan angin di wilayah Pesisir Barat Sumatera Barat cenderung kencang, ditambah kondisi cuaca yang cerah tanpa ada awan.

Diketahui beberapa hari lalu, sempat terjadi bencana longsor di Silaiang atau Lembah Anai yang merupakan salah satu dampak dari angin kencang.  BMKG menjelaskan bahwa potensi terjadinya longsor tidak hanya pada saat hujan namun juga terjadi karena angin kencang yang menerbangkan  pepohonan sehingga meruntuhkan tanah diatasnya.

Namun untuk dua hari ke depan BMKG Stasiun Kelas II Minangkabau memprediksi kondisi angin kencang dan cuaca ekstrim akan kembali normal serta akan turun hujan di wilayah Sumatera Barat. Namun begitu, meskipun kondisi cuaca akan normal BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati, serta benda-benda yang sudah rapuh yang berpotensi tumbang saat angin kencang agar terhindar dari kerugian materil maupun jiwa.

Wartawan : MONA A./ JONI SARTIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat