Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Longsor Di Silaiang, Arus Lalin Padang-Padang Panjang Terputus

Kontributor DaerahBencana Alam 25 Februari 2020 JAM 06:20:24 WIB

Saudara, longsor setinggi 7 meter mengakibatkan jalan Silaiang yang merupakan jalur penghubung antara Kota Padang dengan Kota Padang Panjang dan Bukit Tinggi Sumatera Barat terputus. Material longsor menutup badan jalan sehingga membuat Kemacetan Panjang di jalur Padang-Padang Panjang.

Cuaca panas dan kering disertai dengan angin kencang mengakibatkan longsor terjadi di Daerah Silaiang Kabupaten Tanah Datar pada pukul 11.30 wib. Material longsor berupa tanah dan batang pohon besar menutup badan jalan penghubung antara Kota Padang dengan Padang Panjang. Tim BPBD Kabupaten Tanah Datar dan juga Kabupaten Padang Pariaman berusaha untuk membersihkan material longsor dan memotong batang pohon besar yang menutup badan jalan.

Akibat kejadiann ini arus lalu lintas antara dua wilayah terputus dan mengakibatkan antrian panjang kendaraan. Sementara itu informasi yang diperoleh dari BMKG sebagian besar wilayah di Sumatera Barat khususnya di bagian barat Bukit Barisan  diprediksi masih terjadi angin kencang. kecepatan angin 30 knots atau 50 hingga 60 km per jam.

Hasil analisa BMKG stasiun  metereologi minangkabau terkait fenomena  angin kencang dan cuaca cerah tersebut karena adanya pengaruh angin timur laut di Sumatera Barat yang bergerak ke pusat tekanan rendah di samduera hindia. Mengingat potensi angin kencang dan udara panas yang terjadi, BMKG menghimbau masyarakat  untuk mewaspadai  pohon-pohon besar dan tua karena berpotensi tumbang. Sementara itu BPBD Sumbar terus menghimbau warga mewasadai bencana longsor dan angin kencang mengingat kondisi cuaca yang masih belum stabil.

Wartawan : NOLA/ JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat